8009--lansia-di-sleman-telah-mendapat-layanan-kesehatan-Suasana seminar online perawatan jangka panjang bagi lanjut usia (lansia) di Smartroom Dinas Kominfo Sleman, Rabu (2/9/2020). (istimewa)


Nila Jalasutra

80.09 % Lansia di Sleman Telah Mendapat Layanan Kesehatan

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 24 tahun 2020, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menyelenggarakan seminar online perawatan jangka panjang bagi lanjut usia (lansia) di Smartroom Dinas Kominfo Sleman, Rabu (2/9/2020).
 

Kegiatan seminar online tersebut dihadiri oleh kader kesehatan dan tenaga kesehatan dari 25 Puskesmas yang berada di wilayah Kabupaten Sleman dan dibuka secara langsung oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo.
 


Baca Lainnya :

Bupati Sri Purnomo mengatakan, penyelenggaraan seminar online ini merupakan ajang silaturahmi sekaligus memberikan informasi tentang upaya untuk meningkatkan kualitas hidup lansia. Selain itu, kegiatan seminar online ini juga untuk meningkatkan kapasitas pengelola program di Puskesmas serta penguatan caregiver informasi.

Sementara, jumlah lansia yang berada di wilayah Kabupaten Sleman pada tahun 2019 mencapai 127.052 jiwa. Namun 80.09 % lansia dari jumlah tersebut telah mendapat layanan kesehatan lansia dari Pemerintah Kabupaten Sleman serta masih banyak yang aktif dalam berbagai kegiatan atau paguyuban.
 


Baca Lainnya :

Berdasarkan kondisi tersebut, Sri Purnomo berharap seminar online tersebut dapat semakin mendorong para lansia untuk terus semangat dan produktif dalam berkarya dengan melibatkan bimbingan dari kader kesehatan, relawan, dan keluarga yang memiliki lansia.
 

Sri Purnomo juga menyebut Pemerintah Kabupaten Sleman telah memberikan perhatian pada para lansia, di antaranya diwujudkan dalam penanganan kesehatan lansia melalui pembinaan kelompok atau Posyandu usia lanjut, pelatihan kader usia lanjut di bidang kesehatan, serta pembinaan senam bugar usia lanjut.
 

“Puskesmas di wilayah Kabupaten Sleman merupakan Puskesmas Santun Lansia yang telah memiliki layanan kesehatan untuk lansia. Selain itu, di Puskesmas juga memiliki program prolanis yang bertujuan untuk mendorong para peserta penyandang sakit kronis mencapai kualitas hidup optimal," kata Sri Purnomo.
 

Pada kegiatan seminar online tersebut Wakil Bupati Sleman sekaligus Ketua Komisi Daerah (Komda) Lansia, Sri Muslimatun, menjadi narasumber paparan seminar terkait peran Komda Lansia dalam pembangunan kesehatan lansia di Kabupaten Sleman. (*)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini