risna-oktavia-hardanik-prajurit-srikandi-panahan-jogjaRisna Oktavia Hardanik. (rosihan anwar/koranbernas.id)


Redaktur

Risna Oktavia Hardanik Prajurit Srikandi Panahan Jogja

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Berdinas di militer tidak menyurutkan Risna Oktavia Hardanik mengembangkan bakat atau talentanya di dunia olahraga. Pemanah yang pernah mengikuti pelatnas Sea Games 2019 dan Pra Olimpiade itu tetap giat berlatih di sela-sela tugasnya di Korem 072/Pamungkas.

Buktinya, ketika diwawancarai koranbernas.id, Senin (17/08/2020), dara berusia 23 tahun itu mengaku sedang mempersiapkan diri mengikuti kejuaraan panahan Piala Panglima TNI tahun ini. “Sekarang aktivitas pagi sampai siang di kantor (Makorem), sore latihan untuk pelaksanaan lomba,” ujarnya.


Baca Lainnya :

Meski sempat gagal di pra-kualifikasi Olimpiade Tokyo, prajurit wanita berpangkat Serda ini tetap menggaungkan asa berlaga di kancah internasional. Beruntung, institusi TNI, khususnya Korem 072 Pamungkas tetap memberikan kesempatan Risna berlatih.

Alhamdulillah diizinkan, Mas. Saya (masuk TNI) jalur dari atlet, jadi kalau ada latihan atau TC diperbolehkan,” kata Risna usai bertugas sebagai pembawa acara upacara pengibaran bendera di Istana Kepresidenan Yogyakarta atau Gedung Agung.


Baca Lainnya :

Risna mematok target dapat lolos ke olimpiade militer pada 2023. Sebelumnya, prajurit yang meraih emas pada Kejuaraan NFBS Lembang 2020 itu sempat menjadi duta Indonesia di Olimpiade Militer Wuhan 2019.

Insya Allah, Piala Panglima nanti juga menjadi seleksi Olympic Military di Perancis tahun 2023. Semoga bisa mengikuti lagi seperti di Wuhan tahun kemarin,” ungkap dia.

Risna Oktavia Hardanik merupakan alumni SMAN 9 Kota Yogyakarta yang pernah menyabet medali emas Kejurnas antar pelajar PPLP tahun 2016.

Momentum itu mengantarkan srikandai panahan itu menjadi tulang punggung Yogyakarta pada PON XIX di Bandung dengan mengoleksi medali perak.

“Saya berharap semoga lahir generasi-generasi berikutnya di dunia olahraga Yogyakarta, khususnya di cabang panahan, apalagi (gubernur) Sri Sultan Hamengku Buwono X sangat mendukung olahraga panahan,” sebutnya kala mengomentari harapan untuk olahraga DIY di masa pandemi.

Risna juga kerap mengoleksi medali kejuaraan domestik maupun regional sehingga beberapa kali dipanggil mengikuti pemusatan latihan nasional.

Meski kini bertugas sebagai prajurit TNI yang mendarmabaktikan diri untuk bangsa dan negara, Risna tetap dapat menapaki tangga harapan sebagai seorang atlet berprestasi. (ros)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini