Kamis, 27 Jan 2022,


-tiga-kasus-baru-di-kebumen-hasil-tes-pcr-mandiriPetugas test PCR Labkesda Kebumen memantau proses tes specimen. (nanang w hartono/koranbernas.id)


Nanang W Hartono
Tiga Kasus Baru di Kebumen Hasil Tes PCR Mandiri

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Tiga kasus terkonfirmasi positif Covid-19 baru di Kabupaten Kebumen ternyata merupakan hasil tes PCR mandiri. Tiga orang pasien baru, melakukan tes PCR, setelah seorang rekan kerjanya terkonfirmasi positif, dan dirawat di sebuah rumah sakit di Purworejo.


Anggota Bidang Informasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kebumen, Kusbiyantoro yang dikonfirmasi koranbernas.id, Rabu (1/12/2021) siang, membenarkan, dari tujuh kasus aktif di Kebumen, tiga diantaranya hasil tes PCR mandiri di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kebumen.


Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen telah melakukan penelusuran di kantor pemerintah, sebuah kementerian di Kebumen, tempat ketiga pasien bekerja. Ditemukan 59 orang kontak langsung dengan ketiga pasien yang menjalani isolasi, telah dilakukan testing.

"Hasilnya semua negatif, tiga orang terkonfirmasi sedang menjalani isolasi mandiri," kata Kusbiyantoro.


Dinkes Kebumen menyatakan, meskipun tiga kasus baru sumber penularannya di kantor, tetapi tidak diklasifikasi sebagai klaster perkantoran.

Kepala Labkesda Kebumen Aim L Hakim kepada koranbernas.id menjelaskan, standar operasional prosedur, jika hasil tes PCR yang dikeluarkan Labkesda positif, menghubungi Puskesmas terdekat dengan domisili pasien. Puskesmas yang akan menentukan, apakah pasien menjalani rawat inap atau isolasi mandiri.

Tes mandiri ditemukan hasil PCR positif, dua warga Kecamatan Kebumen dan seorang warga Kecamatan Karangsambung. Sebagian orang yang kontak langsung dengan tiga pasien specimen-nya sudah dikirim ke Labkesda, hasil tes PCR negatif. (*)

 

 


TAGS: #kasuscovid-19 

SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini