18-kalurahan-di-bantul-lunas-pbb-lebih-awalPengundian hadiah atas pelunasan pajak PBB-P2 di Gedung Induk Kompleks Parasamya Bantul. (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya
18 Kalurahan di Bantul Lunas PBB Lebih Awal

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Bantul mengadakan Monitoring dan Evaluasi serta pengundian hadiah atas pelunasan pembayaran   Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) Kabupaten Bantul Tahun 2022 di Gedung Induk Kompleks Pemda Parasamya, Selasa (9/8/2022).


Pengundian dilakukan Wakil Bupati Joko Purnomo  dan pejabat lainnya. Kepala BPKPAD Trisna Manurung mengatakan jumlah Surat Pemberitahuan Pajak Terutang  (SPPT) PBB P2 yang diundi sebanyak 156.590 Nomor Obyek Pajak (NOP) dengan pokok ketetapan sebesar Rp 12,3 miliar atas pembayaran PBB P2 Tahun 2022  berdasarkan periode jatuh tempo kedua yaitu bulan Agustus 2022 atas  pembayaran 1 Januari hingga  31 Juli 2022.


Pengundian untuk 7 kapanewon dengan rincian Kapanewon Pundong sejumlah 25.181 NOP, Pandak 22.892 NOP, Jetis 28.021 NOP, Imogiri 28.783 NOP, Pleret 15.619 NOP, Banguntapan 18.925 NOP dan Sedayu 17.169 NOP.

“Hadiah utama yang diundikan untuk masing-masing kecamatan berupa dua sepeda motor Yamaha M3 125 Tahun 2022 off the road dan tiga alat elektronik untuk kapanewon Pundong, Pandak, Jetis, Imogiri, Pleret, Sedayu. Khusus untuk Kapanewon Banguntapan tiga motor dan  enam alat elektronik,” katanya.


Tujuan dari acara ini dalam rangka terwujudnya kepatuhan masyarakat memenuhi kewajiban pembayaran PBB-P2 lebih awal tanpa harus menunggu waktu jatuh tempo  pembayaran.

Ini juga sebagai penghargaan atas pelunasan pembayaran PBB-P2 berupa hadiah sesuai ketentuan.

Trisna Manurung menambahkan, target atau Pokok Ketetapan PBB-P2 tahun 2022 sebesar Rp 71,2 miliar dengan jumlah SPPT PBB 649.097 lembar. Sedangkan realisasi pembayaran PBB-P2 Tahun 2022 sampai berlangsungnya acara Rp 36,47 miliar.

“Saya memberikan  apresiasi bagi Kapanewon Dlingo, Kapanewon Kretek, Kapanewon Sanden, 218  pedukuhan dan 18  Kalurahan yang sudah lunas PBB-P2 tahun 2022,” katanya.

18 Kalurahan yang lunas adalah Gadingharjo  ,Mangunan, Gadingsari, Muntuk, Srigading, Dlingo, Murtigading, Temuwuh, Tirtohargo, Jatimulyo, Parangtritis, Terong, Donotirto, Tirtosari, Tirtomulyo, Karangtengah, Imogiri dan Girirejo.

Joko Purnomo mengatakan tahun ini pemerintah Bantul memberikan hadiah bagi pembayar pajak. Ini untuk memberi motivasi kepada masyarakat melaksanakan pembayaran PBB awal tahun.

Keuntungan yang diperoleh bagi masyarakat pada sisa bulan sudah tidak lagi memikirkan pajak dan bagi pemerintah bisa segera menginventarisir jumlah pendapatan atau rencana perolahan pajak bisa dilakukan sejak dini dan bisa dipakai untuk percepatan pembangunan di Bantul.

“Ini juga bentuk apresiasi  kepada masyarakat taat pajak dan juga panewu, lurah, dukuh, RT dan semua elemen yang membantu realisasi pajak,” kata Joko. (*)


TAGS: pajak  Bantul 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini