964-atlet-sleman-siap-bertanding-di-porda-kexvi-diyKetua KONI Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo. (nila hastuti/koranbernas.id)


Nila Hastuti
964 Atlet Sleman Siap Bertanding di Porda ke-XVI DIY

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN--Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sleman akan menerjunkan sebanyak 965 orang atlet dari Kabupaten Sleman dan siap bertanding dalam ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke-XVI DIY. Event ini akan digelar di Kabupaten Sleman pada tanggal 1 September hingga 9 September 2022.


Ketua KONI Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo mengatakan dari total jumlah atlet tersebut, mereka akan bertanding di 44 cabang olahraga plus satu satu ekshibisi yaitu olahraga petanque.


“Jumlah atlet tersebut disiapkan untuk dapat kembali meraih predikat juara umum pada Porda DIY atau target hattrick juara umum untuk kedua kalinya,” kata Joko di Sleman, Senin (15/8/2022).

Menurut Joko, sebagai dorongan semangat bagi para atlet yang berlaga di Porda DIY ke XVI ini, KONI Sleman sudah menyiapkan bonus bagi atlet berprestasi termasuk cabang olahraga yang meraih juara umum.


“Total anggaran yang disiapkan untuk bonus bagi atlet peraih medali ini mencapai sekitar Rp 8 miliar,” tutur Joko

Joko menambahkan, selain itu pihaknya juga telah melakukan sejumlah persiapan untuk mengoptimalkan para atlet agar bisa meraih medali pada masing-masing cabang unggulan.

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Joko, kontingen Sleman, setidaknya harus meraih 80% atau sekitar 165 medali emas. “KONI Sleman menargetkan perolehan medali emas sebanyak 192 dari 494 medali emas yang diperebutkan. Tapi untuk menjadi juara umum, dapat 165 medali emas atau 80 persen saja sudah bisa,” jelas Joko.

Sementara Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengungkapkan, dalam rangka mendukung kesiapan atlet telah ditunjuk kepala-kepala OPD di Sleman sebagai pendamping untuk setiap cabang olahraga (cabor). Hal itu tertuang pula dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Sleman.

SK tersebut berisikan pembentukan kontingen-kontingen Kabupaten Sleman dalam Porda XVI DIY. Karenanya, Kustini menegaskan, setiap hari OPD-OPD nantinya akan berkeliling ke tempat latihan dan ada yang dilakukan pada pagi, siang, maupun malam hari.

“Tujuannya, untuk memotivasi atlet agar semangat. Selain itu, atlet juga bisa menyampaikan apa kebutuhan-kebutuhan yang perlu difasilitasi,” kata Kustini.

Pemkab Sleman terus melakukan pula pemantauan terhadap persiapan jelang pelaksanaan Porda XVI dan Peparda III DIY. Selain atlet, dipantau kesiapan sarana dan prasarana yang akan digunakan yang hampir mencapai 100 persen siap. (*)

 

 


TAGS: KONI  Joko  Hastaryo. 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini