Selasa, 24 Mei 2022,


ada-patung-super-hero-njawani-di-alunalun-purworejoSiswa SD sedang foto bareng patung Batman yang sedang dangdutan. (wahyu nur asmani/koranbernas.id)


Wahyu Nur Asmani EW
Ada Patung Super Hero Njawani di Alun-alun Purworejo

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Alun-alun Purworejo, Jawa Tengah dimeriahkan dengan kehadiran sejumlah patung super hero yang njawani. Ada patung Superman dengan kain sarung dan sedang bermain layang-layang. Patung Superman ini berada di depan rumah dinas Bupati Purworejo, Agus Bastian.

Lalu, super hero berikutnya adalah Batman yang sedang dangdutan. Kendangnya adalah bekas kaleng biskuit sisa Lebaran, bertuliskan Tengu.



Super hero berikutnya adalah Spiderman yang sedang momong (menggendong anak). Tampak patung Spiderman yang sedang menggendong anak kecil dengan pakaian yang sama, yaitu Spiderman Junior.


Kehadiran tiga patung super hero yang njawani tersebut sangat menghibur dan menjadi daya tarik anak-anak beserta orangtuanya.

"Kami memasang Super hero karena sosoknya lebih dikenal anak-anak. Kami menampilkan nilai yang ditonjolkan dengan jati diri Jawa. Seperti Superman dengan sarung dikalungkan di leher belakang, sambil ngunduh (bermain) layangan," jelas Stepanus Aan, Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga (Dinparpora) Purworejo, Jumat (13/5/2022), di ruang kerjanya.

Dia menambahkan, ada juga patung Spiderman momong anak, menggendong anak dengan jarik (kain) seperti ibu-ibu Jaman kuno.


"Saat ini budaya momong mulai ditinggalkan. Para orang tua banyak menggunakan jasa baby sitter untuk momong anaknya. Alun-alun merupakan public space (ruang terbuka), orangtua bisa momong di situ," imbuhnya.

Sedangkan super hero Batman yang sedang dangdutan dengan kendang bertuliskan Tengu, juga ada maknanya.


"Kenapa bertuliskan Tengu, (untuk) memperkenalkan kepada anak jaman sekarang tentang seekor hewan kecil yang menyerang ke organ intim pada anak jadul (jaman dulu). Seperti anak saya juga bertanya, Tengu itu apa," ujarnya.

Salah satu pengunjung yang sedang berfoto, Ulik Afsor (29), mengatakan patung-patung seper hero di alun-alun bisa menghibur pengunjung.

"Patung Spiderman momong mengingatkan kembali ibu-ibu muda kalau ndulang (memberi makanan) anak harus di gendong. Patung itu mengingatkan kembali jaman dulu seperti itu (anak digendong ibu), maka ibu-ibu muda harus kembali dengan pola momong jaman dulu," jelas ibu muda yang tinggal di asrama TNI AD BTC di Kelurahan Sinduran, Purworejo tersebut.

Ulik Afsor memberi kesempatan kepada putra semata wayangnya untuk berswa foto dengan patung-patung super hero yang njawani tersebut.

Ada lagi keluarga Santi (38) yang datang jauh-jauh dari Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, datang bersama suami dan anaknya.

"Anak saya yang meminta ke sini mau melihat dari dekat patung Superman yang bibirnya monyong. Saya mengapresiasi hadirnya patung super hero di alun-alun Purworejo. Bisa menghibur anak-anak," ujarnya. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini