agrifest-mendorong-kemajuan-pertanianKeluarga Mahasiswa Difabel UMP yang tergabung dalam Netra Irama menyumbangkan kemampuan musik dan vokal pada Agrifest 2022 UMP.


Wahyu Nur Asmani EW
Agrifest Mendorong Kemajuan Pertanian

SHARE

KORANBERNAS.ID,PURWOREJO -- Himpunan mahasiswa (Hima) Progam Studi (Prodi) Agribisnis dan Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar Agribisnis Festival atau Agrifest di halaman kampus setempat Kamis (25/8/2022). Festival ini menjadi salah satu cara mahasiswa kampus tersebut untuk mendorong kemajuan sektor pertanian.


"Agrifest merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan Prodi Agrobisnis UMP. Dua tahun lalu Agribisnis vakum karena pandemi Covid-19, untuk tahun ini alhamduliah masih bisa  melaksanakan kembali kegiatan ini," ujar Ketua Panitia Agrifest 2022 Hima UMP, Vina Daniati .

  • Ketersediaan Pangan Tak Penuhi Populasi Manusia

  • Menurutnya, Agrifest juga digelar dalam memperluas jaringan UMO. Dengan demikian masyarakat mengetahui UMP memiliki Prodi Agribisnis.

    Kegiatan tersebut digelar sejak Juli 2022 dengan berbagai lomba. Diantaranya pembuatan video pendek pertanian tingkat SLTA se-Kedu, lomba bisnis plan untuk mahasiswa UMP dan ekspo untuk umum.


    "Hasil lomba bisnis plan dipilih 5 pemenang, dan kami hadiahi membuka stand Expo bersama peserta umum. Ada 18 stand, 13  stand untuk masyarakat umum dan 5 stand hadiah juara bisnis plan khusus mahasiswa," jelasnya.

    Dina menambahkan lomba bisnis plan digelar agar mahasiswa belajar membuat pengajuan proposal produk makanan. Dengan demikian mereka bisa melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (pimnas).

    Lomba bisnis plan berupa produk pengolahan dimenangkan Ima Kurniasari dengan judul Kripik Vegan. Juara 2 diraih Rosa Azizah dengan judul Semprong Rembo dan juara 3 yaitu Afriana Siska Widayati dengan judul Srabi Biji Durian Rendah Kolesterol Cocok untuk Penderita Obesitas.

    "Kami berharap kedepan kegiatan Agrifest lebih meriah dan lebih bermanfaat untuk mahasiswa UMP. Selain itu mendapatkan tambahan jaringan," sebutnya.

    Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo,  Rofiq Nurhadi berharap kegiatan ini bisa berkembang dengan baik. Agribisnis tidak hanya pameran tetapi merupakan kegiatan untuk menumbulkan semangat dan kreatifitas mahasiswa serta masyarakat.

    "Dari Agrifest ini diharapkan dapat memajukan pertanian, dari budidaya, pengolahan dan bisnis. Selain itu, agrifest membuka jejaring agri bisnis lebih luas lagi, tidak hanya pada budidaya pertanian, tetapi juga pengolahan hasil dan bisnis pertanian," paparnya.

    Sementara itu, Taukhi Khurochman guru pembimbing siswa SMAN 1 Purworejo mengaku senang dengan perlombaan video pendek yang diselenggarakan Prodi Agribisnis UMP. Dia berharap kegiatan serupa bisa rutin untuk memotivasi munculnya kegiatan pertanian Purworejo yang belum terekspos.

    "Kami mengedukasi pertanian bisa dengan alat seadanya untuk menjembatani ketahanan pangan masyarakat kota dengan lahan terbatas. Dengan video ini bisa menjadi motivasi," jelas Taukhi didampingi siswa pemenang lomba video pendek pertanian, usai acara Agrifest 2022 Prodi Agribisnis UMP.(*)



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini