ajarkan-menulis-12-penulis-siap-berbagi-ilmu-ilustrasi menulis (dok.koranbernas.id)


Sariyati Wijaya
Ajarkan Menulis, 12 Penulis Siap Berbagi Ilmu

SHARE

KORANBERNAS.ID,BANTUL -- Komunitas Yuk Menulis (KYM), sebuah komunitas yang berpusat di Klaten Jawa Tengah menggelar acara   bertajuk ‘Seseruan Asyik Bersama KYM' pada Minggu (31/7/2022) mendatang. Bertempat di Erista Garden Dusun Demen Pakembinangun Pakem Sleman (Belakang RS Ghrasia Pakem).  Diawali dengan kelas menulis keren bersama 12 narasumber yang kompeten, ada tantangan menulis dan launcing buku hasil workshop sebelumnya.


Dalam rilis yang dikirim ke redaksi koranbernas.id,Jumat (8/7/2022), founder KYM Vitriya Mardiyati menjelaskan acara tersebut dimaksudkan untuk lebih mempererat tali silaturahiim diantara anggota. Sekaligus mengobati kerinduan dari seluruh anggota. Sebab semenjak pandemi Covid-19 belum pernah bertatap muka diantara anggota. Biasanya mereka menggelar kegiatan secara daring.


"Dalam pertemuan pada 31 Juli mendatang, akan ada  12 narasumber  yang presentasi, dan peserta akan diberi tantangan untuk menulis. Tentunya nanti karya yang lolos seleksi akan dibukukan. Bagi yang tidak bisa mengikuti secara langsung bisa mengikuti secara online juga. Even ini tak hanya sebatas anggota KYM tetapi peserta umum boleh ikut," terang Vitriya.

Bagi yang ingin menjadi peserta, konfirmasi keikutsertaan paling lambat 24 Juli 2022. Dengan kontribusi sebesar 75 ribu peserta akan memperoleh paket megono, minuman tradisional, snack seperti jadah
manten, cenil, dan suvenir menarik ala KYM. Sedangkan yang mengikuti secara daring cukup membayar Rp 35.000. 


Adapun narasumber yang akan tampil adalah  Harini Catur Utami   (SMPN 2 Ngemplak) dengan tema ‘Bahagia di KYM’, Nur Hidayati (MAN 1 Kulon Progo) dengan tema ‘Mudahnya Membuat Buku Solo’, Unika
Karuniawati (MA Al Ma'had An Nur) dengan tema ‘Membuat Judul Buku/Tulisan yang Menarik’, Atik Setyowati (TK IT ukhuwah Islamiyah) dengan tema  ‘Mencari ide menulis’, Titin Mulyaningsih (SDN Randusari) dengan  tema ‘Mengenal Puisi Jepang’ dan  Widiarini (MAN 2 Cilacap) dengan tema ‘Penamu Sedekahmu’.


Selain itu Sutanto (MTsN 3 Bantul) dengan tema ‘Pantun Untuk Mengenalkan Destinasi Wisata’, Herlina Eka Purnama Sari (SMP Diponegoro Depok) dengan tema ‘Cerita Inspiratif’, Kingkin Nurdiana (SMAN 1 Piyungan) dengan tema ‘Membangkitkan Semangat Menulis’, Evi Giasofa (SDN Lempuyangwangi Yogyakarta) dengan tema ‘Tips-tips Bagaimana berkarya dengan Bahagia’, Endang Sri Werdiningsih,S.Pd. (SD Tamansiswa Jetis) dengan tema ‘Artefak dan Spirit Literasi Kearifan Lokal Bersama KYM’, dan Latifah Nur Hidayah
(SDIT Insan Mulia Maos Cilacap) dengan tema’ Tips Membagi waktu yang baik untuk menulis’.


Sutanto, salah satu narasumber yang akan tampil merasa senang mendapat kesempatan membagi pengalamannya menulis dan sudah bergabung di komunitas beranggotakan 12 ribu sejak Maret 2020 lalu.  

"Dengan sedikit waktu yang tersedia, saya akan berbagi pengalaman menulis pantun berlatarbelakang destinasi wisata. Semoga bisa bermanfaat mengenalkan aneka potensi wisata yang ada di Indonesia," kata Sutanto. (*)


TAGS: menulis 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini