Rabu, 27 Okt 2021,


anggaran-meniadakan-median-jalan-pahlawan-mencapai-rp-1-miliarMedian jalan di Jalan Pahlawan yang akan dihilangkan. (nanang w hartono/koranbernas.id)


Nanang W Hartono
Anggaran Meniadakan Median Jalan Pahlawan Mencapai Rp 1 Miliar

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Pemkab Kebumen segera meniadakan median/batas lajur jalan di Jalan Pahlawan Kebumen. Dianggarkan Rp 1 miliar untuk meniadakan median jalan sepanjang 1.300 meter tersebut.


Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kebumen, Bachtiar, kepada koranbernas.id, Rabu (13/10/2021), menjelaskan median jalan lain yang dihilangkan adalah di sekeliling Alun-alun Kebumen dengan panjang keseluruhan 1.300 meter. Anggaran sudah ada di APBD Perubahan Tahun anggaran 2021.


"Sekarang masih proses lelang pengadaan barang dan jasanya," kata Bachtiar.

Dari anggaran sebesar Rp 1 miliar itu, Rp 400 juta diantaranya untuk memindahkan lampu penerangan jalan umum yang akan dikerjakan PLN. "Lampu penerangan jalan umum digeser ke selatan dan barat," ujar Bachtiar.


Pekerjaan lain, membongkar median jalan yang selama ini menjadi taman. Bekas median jalan akan dibeton dan diaspal.

Soal konsep revitalisasi Jalan Pahlawan, Bachtiar mengaku baru pada tahap penyusunan Detail Engineering Design (DED) konsultan perencana. Sehingga gambaran detil revitalisasi masih menunggu hasil DED. Baru ada rencana, trotoar di sisi selatan dan barat Jalan Pahlawan menjadi 4 meter, sisi utara dan timur menjadi 3 meter.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan pada Dinas Permukiman Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kebumen, Iksanudin, menjelaskan pihaknya sudah memindahkan tanaman dan lampu hias yang ada di median jalan. Tanaman akan dimanfaatkan untuk tambal sulam di taman yang dikelola Bidang Kebersihan dan Pertamanan.

Perubahan ruas Jalan Pahlawan, Jalan Veteran dan Jalan Mayjen Sutoyo, setelah Pemkab Kebumen mengubah jalan dua arah menjadi jalan satu arah. Selama ini tiga ruas jalan itu terdapat median jalan untuk memisahkan lajur jalan dua arah. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini