Rabu, 27 Okt 2021,


anggota-dewan-bawa-sepeda-lipat-naik-trans-jogja-sampai-kaliurangUji coba Trans Jogja melayani Rute Terminal Condongcatur menuju Kaliurang. (yvesta putu ayu palupi/koranbernas.id)


Siaran Pers
Anggota Dewan Bawa Sepeda Lipat Naik Trans Jogja Sampai Kaliurang

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA – Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana, menjadi penumpang pertama, dalam tanda kutip, bus Trans Jogja sampai obyek wisata Kaliurang, Jumat (17/9/2021). Anggota dewan dari Fraksi PKS ini berangkat dari Terminal Condongcatur Sleman.


Usai melipat sepeda, tak berselang lama bus Trans Jogja yang ditumpanginya bersama jajaran Dinas Perhubungan DIY, PT Jogja Tugu Trans dan PT Anindya Mitra Internasional selaku pengelola layanan publik tersebut, meluncur dari Terminal Condongcatur.


Bertepatan dengan Hari Perhubungan, untuk pertama kalinya bus tersebut melayani rute Yogyakarta-Kaliurang Sleman. Dari Terminal Condongcatur, bus melaju ke kawasan UGM, Jalan Kaliurang dan Terminal Pakem.

Menurut Huda, banyak warga ingin berwisata ke Kaliurang dengan cara berbeda merasakan sensasi naik kendaraan umum yang nyaman dan aman. “Trans Jogja uji coba rute menuju lokasi wisata Kaliurang karena ada permintaan warga dan pegiat pariwisata serta desa-desa wisata,” ungkapnya.


Sampai di Pakem, penumpang berganti Teman Bus ke Kaliurang. Teman Bus adalah bagian dari perluasan Trans Jogja perkotaan. Bus berhenti di Tlogo Putri dan Taman Rekreasi Kaliurang. “Ini uji coba. Kami menerima banyak masukan dari masyarakat agar Trans Jogja bisa sampai destinasi wisata Kaliurang,” tambahnya.

Usai berwisata menikmati udara segar dan dingin kawasan tersebut, atau menyantap kuliner khas, wisatawan punya dua pilihan kembali ke Yogyakarta.

Pertama, naik bus yang sama. Kedua, meluncur begitu saja dengan sepeda lipatnya. Jalan menurun beraspal halus sepanjang belasan kilometer membuat pesepeda tinggal meluncur begitu saja. Cukup main rem. Tak perlu menguras tenaga.

Huda menyatakan uji coba kali ini menjadi modal pembahasan penentuan langkah ke depan. Sebagai upaya mewujudkan rute baru tersebut, Pemda DIY perlu melakukan kajian yang mendalam serta memperoleh persetujuan Kementerian Perhubungan.

“Rute ini sangat mungkin diwujudkan ketika memang ada permintaan warga. Kita komunikasikan ke pemerintah pusat. Harapannya bisa menghidupkan kawasan wisata Kaliurang dan sekitarnya,” ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti, mengemukakan uji coba Trans Jogja dengan Teman Bus merupakan bagian dari upaya persiapan pembukaan destinasi wisata. Beberapa pelajar ikut uji coba agar mereka merasakan asyiknya naik Trans Jogja.

Trans Jogja, kata dia,  selama ini sudah sampai Pakem, kemudian diintegrasikan dengan Teman Bus sampai Kaliurang. “Kapasitas bus kita batasi, bisa membawa sepeda lipat. Jadi asyik berwisata. Harapan kami bisa menghidupkan pariwisata,” kata Made.

Seperti diketahui, selama puluhan tahun perjalanan wisata menuju Kaliurang identik dengan nama besar bus Baker yang melegenda. Pada masa kejayaannya bus hampir setiap hari penuh penumpang. Trans Jogja mungkin bisa menggantikannya sebagai legenda baru. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini