Jumat, 03 Des 2021,


arsip-milik-sleman-dimusnahkan-di-magelangKustini Sri Purnomo menyerahkan penghargaan dari Perpustakaan Nasional RI kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Sri Wantini, Senin (25/10/2021).(istimewa)


Nila Hastuti
Arsip Milik Sleman Dimusnahkan di Magelang

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN--Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menandatangani berita acara pemusnahan Arsip Kabupaten Sleman bertempat di Aula Lantai III Komplek Setda Sleman, Senin (25/10/2021). Pemusnahan arsip dilaksanakan di UD Samak Jaya Karton, Mungkid, Magelang dengan menggunakan metode peleburan secara kimiawi.


Bupati Kustini mengatakan, pemusnahan arsip merupakan upaya penyusutan arsip, yang didasarkan pada Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Nomor 37 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penyusutan Arsip. Pemusnahan tersebut dilakukan untuk mengendalikan arsip yang tercipta secara terencana. Yang dimusnahkan merupakan arsip yang tidak memiliki nilai guna dan sudah melampaui jangka waktu penyimpanan.


“Di samping itu, pemusnahan arsip juga menjadi upaya untuk menjaga keamanan informasi yang terkandung dari penyalahgunaan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Kustini.

Kustini berharap ke depannya untuk terus meningkatkan kapasitas para arsiparis di masing-masing organisasi perangkat daerah.


“Karena urgensi dari penataan arsip baik untuk arsip yang disusutkan atau yang masih akan disimpan harus dipahami oleh seluruh instansi. Hal ini sebagai upaya memudahkan penggunaan dan pemanfaatan arsip di masa yang akan datang,” jelasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Sri Wantini menjelaskan, pada kesempatan tersebut Pemerintah Kabupaten Sleman akan melaksanakan pemusnahan arsip sebanyak 68.622 berkas yang berasal dari 16 perangkat daerah dan 1 BUMD. Dengan rincian, arsip yang akan dimusnahkan dengan kategori arsip retensi di atas 10 tahun sebanyak 24.350 berkas dan arsip kategori retensi di bawah 10 tahun sebanyak 44.272 berkas.

“Arsip tersebut berasal dari 15 perangkat daerah,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan penghargaan dari Perpustakaan Nasional RI atas dedikasi Pemkab Sleman membina dan ngembangkan perpustakaan dan kegemaran membaca di wilayah kerjanya. (*)

 

 



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini