Jumat, 23 Okt 2020,


bahaya-mengancam-kualitas-udara-di-gunungkidul-makin-menurunPelaksanaan uji emisi bagi sepeda motor di halaman Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul, Kamis (17/9/2020). (sutaryono/koranbernas.id)


St Aryono

Bahaya Mengancam, Kualitas Udara di Gunungkidul Makin Menurun


SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL – Bahaya mengancam masyarakat Gunungkidul. Sebab, kabupaten dengan luas wilayah hampir separuh DIY ini ternyata kualitas udaranya semakin menurun. Hal ini salah satunya dipicu asap kendaraan bermotor yang tidak terkendali.
 
Kasi Pengendalian Dampak Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul, Fitri Iswinayu, di sela uji emisi bagi kendaraan bermotor, utamanya sepeda motor di jalan Jogja-Wonosari dengan menempat di halaman DLH, mengatakan indeks udara di Gunungkidul sebetulnya masih baik. “Namun setiap tahunnya, kualitas udara terus mengalami penurunan meski hanya sedikit demi sedikit,” katanya, Kamis (17/9/2020).
 
Jika ini tidak terkendali dikhawatirkan polusi udara semakin meningkat dan dapat berdampak pada kesehatan masyarakat. “Sehingga harus dilakukan penanggulangan yang cepat dan tepat,” tuturnya.

Dengan uji emisi ini, selain mengurangi tingkat pencemaran udara, juga pemilik kendaraan mengetahui kondisi kendaraan, untuk segera dilakukan perbaikan.
 
Pada uji emisi ini diketahui, dari 150 sepeda motor yang diuji emisi, terdapat 37 sepeda motor yang tidak lulus.

Sekretaris DLH Gunungkidul, Aris Suryanto, mengatakan tahun ini pelaksanaan uji emisi kendaraan baru dilakukan dua kali. “Padahal tahun lalu sampai empat kali. Semua ini karena pandemi Covid-19.” katanya.
 
Aris menjelaskan, uji emisi yang dilakukan DLH bertujuan untuk mengetahui kualitas udara di Gunungkidul. Dengan langkah ini nantinya bisa merumuskan kebijakan yang tepat dalam penanggulangan polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.

“Untuk kali ini, pemeriksaan kendaraan dilakukan dengan tim gabungan dari Balai Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY,” tuturnya. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini