balai-kesehatan-masjid-al-hikmah-diresmikan-siap-melayani-masyarakatPeresmian Balai Kesehatan Masjid Al Hikmah Surobayan Argomulyo Sedayu Bantul, Minggu (22/1/2023). (istimewa)


Sariyati Wijaya
Balai Kesehatan Masjid Al Hikmah Diresmikan, Siap Melayani Masyarakat

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Balai Kesehatan Masjid Al Hikmah Surobayan Kalurahan Argomulyo Sedayu Bantul diresmikan oleh Panewu Sedayu,  Anton Yulianto SIP, Minggu (22/1/2023). Peresmian dihadiri Lurah Argomulyo, Bambang Sarwono, tokoh masyarakat setempat, takmir masjid dan jamaah. Selain ditandai pemotongan pita, juga digelar dihibur tarian anak.


"Tentu saya turut berbangga dan berbahagia serta mengapresiasi pengurus Yayasan Al Hikmah. Berdirinya Balai Kesehatan ini menunjukkan komitmen luar biasa untuk bisa melayani masyarakat. Ini adalah masjid istimewa yang saya temui, betul-betul menjadi pusat kegiatan yang luas dan bermanfaat mulai tholabul ilmi, pelayanan ibadah dan juga pelayanan kesehatan. Sungguh hal yang sangat mulia," kata Panewu Anton.


Keberadaan Balai Kesehatan ini juga merupakan sebuah pilihan bagi masyarakat serta sangat mendukung salah satu prioritas program pembangun di Kabupaten Bantul.

Balai Kesehatan ini juga sebagai sarana untuk membantu pelayanan kesehatan, penurunan angka stunting, agar ibu yang melahirkan bisa lancar dan tidak berisiko sewaktu melahirkan.


"Perlu dilakukan sinergi dengan Puskesmas Sedayu sehingga tercipta kondisi masyarakat Sedayu yang sehat dan sejahtera," tambahnya.

Sekretaris Yayasan Masjid Al Hikmah, Rahmat Jatmiko MM, menjelaskan sarana kesehatan dalam bentuk Balai Kesehatan yang representatif dan memadai memang sangat diperlukan bagi penunjang kegiatan pelayanan kesehatan, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Melalui kesempatan ini, tidak lupa kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam berdirinya Balai Kesehatan ini. Baik dukungan moral, material, tenaga, sumbangsih pemikiran dan bantuan dalam bentuk apapun. Berkat doa-doa kita semua, Balai Kesehatan dapat berdiri," katanya.

Sebagaimana diketahui, keberadaan fasilitas fisik adalah sarana penunjang yang penting dalam pelayanan kesehatan. Diyakini, kesembuhan seorang pasien tidak hanya ditentukan oleh perawatan tetapi juga fasilitas medis dan sarana yang memadai. "Apa yang telah kita perjuangkan selama ini menjadi kenyataan," katanya.

Berdasarkan laporan badan kesehatan dunia, WHO,  sehat adalah keadaan sempurna fisik maupun sosial, tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan maupun cacat. Sehat bukan merupakan suatu kondisi tapi keadaan yang harus dipertahankan sehingga membutuhkan usaha terus menerus.

Semakin sulit

Rahmat mengakui, upaya menjaga kesehatan semakin sulit pada era sosial media. Disinfomasi dan misinformasi merajalela, sangat sulit mendapatkan sumber informasi kesehatan yang bisa dipercaya.

Hal ini juga dipersulit oleh besarnya jenjang informasi antara tenaga kesehatan dan masyarakat. Sering kali masyarakat yang mendapatkan perawatan di fasilitas kesehatan tidak tahu sama sekali tentang penyakit yang dideritanya, apalagi usaha-usaha yang harus dilakukan untuk mencegah orang tersebut untuk tidak sakit kembali.

Terlepas dari aspek promosi dan prevensi, menuru dia, pelayanan kesehatan tetap harus memiliki pelayanan kuratif yang baik. Balai Kesehatan Masjid Al Hikmah hadir memberikan pelayanan kuratif yang komprehensif dan humanis bagi pasien.

"Fasilitas yang kami miliki, desain klinik sesuai dengan protokol kesehatan yaitu ruang perawatan yang standar, ruangan tunggu yang lapang sehingga tidak terjadi  kerumunan. Fasilitas tidak ada artinya tanpa sumber daya manusia yang baik. Balai Kesehatan Masjid Al Hikmah memiliki tenaga dokter, perawat dan apoteker hasil kerja sama dengan beberapa instansi. Kami semua berkomitmen terus melayani dengan hati dan memahami kebutuhan semua pasien. Kami juga akan terus belajar dan berinovasi agar bisa menjawab seluruh kebutuhan dari pasien dan masyarakat," katanya.

Ke depan akan dilakukan kerja sama dengan pihak-pihak terkait, di antaranya RSU PKU Muhammadiyah, Puskesmas, universitas dan BPJS agar bisa memberi kebermanfaatan untuk lebih banyak orang.

Sesuai moto Balai Kesehatan Masjid Al Hikmah yakni  Mari Sehat Bersama Kami, semoga  Allah SWT senantiasa menyertai kita dalam setiap langkah pengabdian terhadap nusa dan bangsa," kata Rahmay Jatmiko.

Dirinya berpesan kepada masyarakat khususnya Kapanewon Sedayu agar dapat memanfaatkan keberadaan Balai Kesehatan ini serta menjaga dan merawatnya. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini