Sabtu, 04 Des 2021,


bantuan-langsung-tunai-untuk-pkl-dan-warung-di-kulonprogoDandim 0731 Kulonprogo, Letkol Inf Yefta Sangkakala, saat menyerahkan bantuan langsung tunai untuk pedagang kali lima dan warung di Kulonprogo. (anung marganto/koranbernas.id)


Anung Marganto
Bantuan Langsung Tunai untuk PKL dan Warung di Kulonprogo

SHARE

KORANBERNAS.ID, KULONPROGO -- Kodim 0731 Kulonprogo meluncurkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terdiri dari pedagang kaki lima dan warung di halaman Makodim setempat, Sabtu (16/10/2021).


Pada acara tersebut diserahkan secara simbolis dana bantuan masing-masing sebesar Rp 1.200.000 kepada 200 pedagang. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Bupati Kulonprogo yang diwakili Kabag Kesra Heri Darmawan, Dandim 0731 Kulonprogo Letkol Inf Yefta Sangkakala, Ketua DPRD yang diwakili Ketua Komisi I DPRD Kulonprogo Suharto yang sekaligus Ketua DPD Golkar Kulonprogo, Kajari Kulonprogo Kristanti Yuni Purnawanti, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kulonprogo Ifah Mufidati.

  • Masih Transaksi Pakai Uang Tunai? Tak Perlu Khawatir

  • Dandim 0731 Kulonprogo menyatakan, bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung adalah program Kementerian Keuangan yang dalam penyalurannya melibatkan TNI-Polri. Bantuan tersebut diberikan untuk daerah yang pernah diberlakukan PPKM Level IV.

    "Kulonprogo adalah salah satu kabupaten yang pernah mengalami PPKM Level IV, maka diberikan bantuan tersebut," kata Yefta.


    Berdasar data di 12 Koramil se-Kulonprogo, ada 2.000 PKL dan warung yang berhak menerima bantuan tersebut. "Sehingga kami diperintahkan untuk mendistribusikannya. Kodim 0731 Kulonprogo diperintahkan sampai dengan akhir bulan Oktober 2021 alokasi yang diberikan tanggung jawab kepada kami harus terselesaikan. Kita berdayakan Koramil-Koramil untuk membantu mendistribusikan," kata Dandim.

    Yefta menjelaskan, prosesnya pun ada aturan-aturan yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat, di antaranya bukan anggota TNI, Polri atau ASN, serta belum pernah menerima bantuan sosial dalam bentuk apapun.

    "Kita akan melaksanakan verifikasi secara online langsung kepada Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial. Kalau sudah terverifikasi bahwa benar tidak pernah menerima bantuan, maka yang bersangkutan berhak menerima," jelasnya.

    Sedangkan Kabag Kesra Heri Darmawan yang mewakili Bupati Kulonprogo mengucapkan terimakasih kepada TNI, khususnya Kodim 0731 Kulonprogo beserta Koramil yang akan menyalurkan bantuan.

    "Bantuan ini diperuntukkan bagi mereka untuk menambah modal usaha dan diharapkan bisa bertahan dalam ekonomi yang sedang dilanda pandemi Covid-19. Pemkab Kulonprogo bersama Kodim 0731 Kulonprogo akan menyalurkan tepat sasaran dan transparan. Insyaallah bisa bermanfaat," kata Heri Darmawan.

    Ketua Komisi I DPRD Kulonprogo, Suharto, mengapresiasi kerja keras Kodim 0731 Kulonprogo untuk menyalurkan bantuan langsung tunai kepada pelaku usaha kecil di Kulonprogo.

    “Kodim 0731 Kulonprogo sangat merespon perintah dari Presiden untuk segera menyalurkan bantuan ini sebagai upaya untuk bertahan dalam sebuah tekanan ekonomi di masa pandemi. Diharapkan dapat bermanfaat bagi PKL dan warung-warung kecil yang terdampak,” kata Suharto. (*)



    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini