Selasa, 24 Mei 2022,


bantul-kick-off-vaksin-dosis-3-targetkan-1000-orangH Abdul Halim Muslih mengawali kick off vaksinasi Covid-19 booster atau dosis 3 di Dinas Kesehatan Bantul, Senin (17/1/2022). (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya
Bantul Kick Off Vaksin Dosis 3, Targetkan 1000 Orang

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL--Pemerintah Kabupaten Bantul meresmikan kick off vaksinasi Covid-19 booster atau dosis 3 bagi masyarakat umum, yang diawali oleh Bupati H Abdul Halim Muslih, Senin (17/1/2022) di Kantor Dinas Kesehatan setempat.


Nampak hadir Kapolres AKBP Ihsan SIK, Dandim 0729/Bantul Letkol Inf) Agus Indra Gunawan, Kepala Dinas Kesehatan Agus Budi Raharjo dan jajaran serta dua perwakilan lansia yang mendapat suntikan booster.


Dalam laporannya, Agus Budi mengatakan, capaian vaksinasi di Bantul untuk dewasa dosis 1 pada angka 85 persen dan dosis 2 pada angka 74 persen lebih. Sementara untuk vaksin anak usia 6 tahun hingga 11 tahun, jika secara institusi di SD dan MI selesai 100 persen. Kecuali memang harus ada yang tidak bisa divaksin karena berbagai sebab.

“alau prosentase vaksin anak 94,85 persen untuk dosis 1. Dan kami sekarang mengawali vaksin dosis 3 atau booster untuk dewasa,”kata Agus Budi.


Diutamakan vaksin ini untuk lansia dan juga orang yang rentan, misalnya bekerja di bagian pelayanan publik atau berinteraksi langsung dengan pasien Covid-19. Vaksin hari ini menargetkan 1.000 orang.

Bupati mengatakan, vaksinasi booster ini salah satunya adalah untuk meningkatkan imunitas. Termasuk membendung varian baru omicron yang sudah muncul di Jakarta.

“Ini adalah upaya kita untuk terhindar dari varian baru. Tentunya dengan tetap menaati protokol kesehatan atau prokes yang saat ini mulai kendor,” katanya.

Karena masyarakat mengetahui jika angka positif Covid-19 terus mengalami penurunan dan zona hijau terus bertambah. Untuk Bed Occupancy Rate atau BOR di rumah sakit juga menurun. BOR merupakan angka yang menunjukkan persentase tingkat penggunaan tempat tidur pada satuan waktu tertentu di unit rawat inap. Begitupun shelter juga sudah sepi.

“Maka dari itu, saya ingatkan kembali jangan kendor kendati angka positif Covid-19 sudah turun. Karena saat ini ada varian baru lagi. Mari tetap patuh prokes dan kita vaksin dosis ketiga,” tambah Bupati. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini