bendungan-bener-sediakan-kebutuhan-air-bagi-petaniBupati Purworejo Agus Bastian menyampaikan bantuan dari Baznas kepada warga.


Wahyu Nur Asmani EW
Bendungan Bener Sediakan Kebutuhan Air Bagi Petani

SHARE

KORANBERNAS.ID,PURWOREJO -- Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada di wilayah Kabupaten Purworejo diharapkan dapat  berdampak positif bagi petani Purworejo. Proyek Bendungan Bener yang berada di Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng) yang tengah berlangsung pun bisa menyediakan kebutuhan air petani.


"Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo nantinya akan menambah pasokan air yang juga dapat digunakan untuk pengairan sawah warga," ujar Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM saat melakukan kegiatan Bupati Saba Desa (BSD), Kamis (28/07/2022).


Dalam BSD kali ini, Bupati beserta rombongan mengunjungi Desa Karangtalun, Susuk, Wunut, Klandaran dan Desa Cokroyasan  di Kecamatan Ngombol. Turut serta dalam rombongan diantaranya Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Kominfostasandi, Sekretaris DP3APMD, Kabag Prokopim, Perwakilan Bank Jateng, Perwakilan Baznas, Forkopimcam Ngombol dan unsur terkait lainya.

Menurut Bupati, pembangunan Bendungan Bener yang diprediksi akan selesai pada tahun 2027 itu akan membuat petani dapat melakukan masa tanam tiga kali dengan tenang tanpa khawatir ketersediaan air.


Meski ketersediaan air mencukupi, permasalahan pupuk dan harga jual gabah yang relatif turun sekarang ini masih jadi masalah. Karenanya di Purworejo diberlakukan Sistem Resi Gudang yang menampung gabah warga.

"Selanjutnya warga akan menerima resi yang bisa digunakan sebagai agunan di Bank Jateng," jelasnya.(*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini