Jumat, 17 Sep 2021,


bin-gelar-vaksinasi-door-to-door-bagi-pemulungVaksinasi bagi pemulung di TPST Piyungan Bantul. (istimewa)


Sariyati Wijaya
BIN Gelar Vaksinasi Door to Door bagi Pemulung

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Ratusan pemulung di Tempat Pengelolalan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan Bantul mendapat program vaksinasi yang digelar Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) DIY,Senin (13/9/2021).


Kegiatan yang digelar bekerja sama dengan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta itu selain dipusatkan di rumah salah seroangwarga, juga dilakukan secara door to door. Nakes terlihat berjalan dan mendatangi pemulung atau pengepul sampah dan menyuntikkan vaksin.


“Kita siapkan 500 dosis vaksin bagi para pemulung dan warga sekitar,” kata AKBP Sugiyono selaku koordinator vaksinasi door to door BINDA DIY di lokasi.

Diharapkan dengan metode door to door  pemulung yang mungkin memiliki keterbatasan waktu ketika harus mendatangi lokasi vaksin, bisa terlayani tanpa harus meninggalkan tempat mereka mencari nafkah.


“Pengepul sampah ini termasuk kelompok rentan. Kenapa? Karena mereka berhadapan dengan sampah orang yang sedang isolasi mandiri ataupun sampah masker.Untuk itulah kami gelar vaksinasi door to door dengan harapan herd immunity atau kekebalan komunal secara nasional segera terbentuk,” terangnya.

Target seperti disampaikan Presiden, hingga Desember sedikitnya 70 persen masyarakat Indonesia sudah divaksin.

Joko Susilo selaku Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta  mengatakan seringkali vaksinasi digelar di tempat formal seperti sekolah maupun perkantoran. Sementara untuk non-formal, kegiatan vaksinasi massal belum banyak yang menyentuh.

“Maka hari ini kita melakukan vaksinasi door to door sebagai bentuk pengabdian kita sebagai pusat vaksinasi di DIY yang ditunjuk Kementerian Kesehatan untuk melakukan vaksinasi bagi semua lapisan masyarakat,” katanya.

Ketua Paguyuban Mardiko TPST Piyungan, Maryono, mengatakan total pemulung di tempat tersebut 470 orang,  yang belum divaksin 250 orang, sisanya mendapat vaksin di tempat tinggalnya masing-masing.

Pemulung ini tidak hanya dari Bantul namun juga Gunungkidul. “Saya mewakili teman-teman pemulung dan warga sekitar menyampaikan ucapan terima kasih kepada BIN dan Poltekkes Yogyakarta untuk kegiatan vaksinasi ini,” katanya. (*)


TAGS: TPST  Piyungan 

SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini