bupati-serahkan-penghargaan-gerakan-indonesia-sadar-administrasi-kependudukanBupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan penghargaan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan, Selasa (29/11/2022). (istimewa)


Nila Hastuti
Bupati Serahkan Penghargaan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan

SHARE

KORANBERNAS.ID,SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyerahkan penghargaan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Kependudukan, Selasa (29/11/2022).  Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menyerahkan secara langsung penghargaan itu kepada enam perwakilan penerima penghargaan.


Penghargaan tersebut merupakan wujud peningkatan kesadaran masyarakat dan peningkatan kinerja aparat yang melaksanakan tugas di bidang administrasi kependudukan,  melalui sosialisasi, pembinaan kapasitas aparatur, peningkatan kinerja pelayanan, serta pembinaan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan GISA.


Bupati Kustini mengatakan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan motivasi bagi pamong untuk meningkatkan pengabdian dan pelayanan publik bagi masyarakat. Bupati berharap para penerima penghargaan dapat menjadi panutan dan memberi teladan bagi para pamong di instansi lain.

"Penghargaan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan tahun 2022 ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran semua pihak, baik dalam sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan, maupun sadar pelayanan adminduk bagi masyarakat," jelas Kustini.


Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Susmiarto,  menyampaikan penerima penghargaan dibagi dua kelompok yaitu kelompok A untuk wilayah Kapanewon dengan penduduk lebih dari 60.000 jiwa.

Sedangkan kelompok B kurang dari 60.000 jiwa. Selanjutnya berdasar penilaian administrasi terhadap 17 wilayah, kemudian dipilih masing-masing tiga nominasi.

"Dipilih masing-masing tiga nominasi untuk dilakukan kunjungan ke kantor kapanewon, kalurahan dan rumah Bapak Ibu Dukuh. Dukuh menyampaikan paparan pembinaan masyarakat agar tertib adminduk," kata Susmiarto.

Dari hasil evaluasi pelaksanaan GISA tahun 2022 diperoleh hasil untuk kapanewon terbaik kategori A diraih oleh Kapanewon Kalasan, Ngemplak dan Depok.

Kapanewon kategori B diraih oleh Kapanewon Cangkringan, Seyegan dan Tempel. Kemudian kategori Kalurahan A, diraih oleh Kalurahan Sumberadi, Purwomartani dan Condongcatur.

Sedangkan Kalurahan B diraih oleh Kalurahan Glagaharjo, Mororejo, dan Kalitirto. Kategori Padukuhan A diraih oleh Padukuhan Gabahan, Kalibulus dan Sebaran. Untuk kategori Padukuhan B diraih oleh Padukuhan Karanggawang, Sumber Kulon dan Dukuh.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan kerja sama pelaksanaan pos pelayanan dokumen kependudukan, peresmian penggunaan aplikasi layanan daring, serta workshop pendaftaran penduduk non-permanen.

Dengan penyelenggaraan kegiatan itu, Direktur Pendaftaran Penduduk Ditjen Kemendagri, David Yama, turut memberikan apresiasi terhadap capaian Kabupaten Sleman. Sistem layanan publik yang lekat dengan kesan lambat, dinilai David tak tampak di Kabupaten Sleman.

"Saya sampaikan apreasiasi terhadap usaha bupati dan seluruh jajaran. Sistem layanan publik di Sleman justru dapat lebih praktis dan memudahkan masyarakat," kata David. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini