bupati-sleman-luncurkan-bimtek-operator-sistem-satu-data-umkmBupati Sleman Kustini Sri Purnomo meluncurkan kegiatan Bimtek Operator Sistem Satu Data UMKM. (istimewa)


Nila Hastuti
Bupati Sleman Luncurkan Bimtek Operator Sistem Satu Data UMKM

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meluncurkan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Operator Sistem Satu Data UMKM, Selasa (2/8/2022), di Hotel Alana Ngaglik.


Kegiatan yang diadakan dua hari, 1-2 Agustus 2022, kali ini diikuti 131 peserta, terdiri dari perwakilan 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sleman, 17 kapanewon dan 86 kalurahan.


Bupati Kustini menyambut baik kegiatan Bimtek ini. “Penting bagi peserta untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka mewujudkan data yang akurat dan mudah diakses,” kata dia.

Kustini berharap dapat terwujud big data UMKM sehingga dapat dijadikan acuan bagi pemangku kepentingan untuk membuat strategi pengembangan UMKM.


"Termasuk memudahkan pemerintah untuk merencanakan regulasi dan pembiayaannya," kata Kustini.

Haris Martapa selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman mengatakan sistem satu data UMKM merupakan aplikasi database yang berfungsi sebagai pencatat informasi seputar data pelaku UMKM sesuai dengan bidang dan kondisi terkini.

Sistem satu data UMKM dapat diakses oleh masyarakat pelaku usaha, operator tingkat kalurahan dan kapanewon maupun 11 OPD yang membidangi dan mempunyai tupoksi bersama dalam pemberdayaan UMKM.

Menurutnya sistem satu data UMKM memiliki sejumlah manfaat dan peran. Di antaranya sebagai basis data tunggal yang dapat digunakan dalam penentuan kebijakan dalam pemberdayaan UMKM.

Selain itu, satu data UMKM Sleman juga dapat menyajikan gambaran potensi terkini UMKM. "UMKM yang tercatat menjadi prioritas penerima manfaat di antaranya pelatihan, pendampingan, fasilitasi perizinan, pameran produk unggulan serta mengakses segala bentuk pembiayaan," jelas Haris. (*)


TAGS: bimtek  UMKM 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini