closing-ceremony-porda-dimeriahkan-tarian-kolosalBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo bersama Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa ketika menjelaskan persiapan penutupan Porda XVI dan Peparda III DIY, Rabu(7/9/2022). (nila hastuti/koranbernas.id)


Nila Hastuti
Closing Ceremony Porda Dimeriahkan Tarian Kolosal

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Pesta olahraga Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) III DIY 2022 yang telah berlangsung sejak hari Kamis (1/9/2022) lalu akan ditutup hari Jumat (9/9/2022) di stadion kebanggaan masyarakat Sleman, Stadion Maguwoharjo, Sleman.


"Rangkaian acara closing ceremony akan dimulai pada pukul 18.00 WIB dan akan dimeriahkan dengan berbagai hiburan, performance serta penyerahaan piala oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X," kata Kustini Sri Purnomo, Bupati Sleman kepada wartawan, Rabu (7/9/2022) terkait persiapan closing ceremony Porda XVI dan Peparda III DIY.


Menurut Kustini, dalam rangkaian ceremony penutupan Porda XVI dan Peparda III juga akan ditampilkan opening ceremony meliputi tarian kolosal diikuti 100 penari dengan tema Abhinaya.

"Tarian Abhinaya yakni Legenda Bandung Bandawasa, spirit meraih prestasi menuju kejayaan. Legenda Bandung dipilih karena Bandung adalah sosok panutan khususnya dalam hal semangat pantang menyerah untuk meraih prestasi puncak. Tarian ini menggambarkan semangat Bandung dalam mewujudkan kejadian luar biasa, semangat pantang menyerah ini yang kemudian dijadikan pijakan dan kaca benggala dalam proses perjalanan menuju prestasi puncak," papar Kustini.


Ditambahkan Kustini, penyelenggaraan Porda XVI dan Peparda III DIY tahun 2022 ini, Sleman mengusung target Three Success yaitu Sukses Penyelenggaraannya, Sukses Prestasinya dan Sukses Membangkitkan Ekonomi.

"Dalam sukses penyelenggaraan Porda XVI dan Peparda III DIY sampai dengan saat ini telah berjalan dengan baik, lancar dan tertib. Semua terwujud atas kerjasama berbagai pihak," tuturnya.

Dalam sukses prestasi, hingga saat Kustini menyampaikan apresiasi kepada seluruh atlet yang telah bertanding secara maksimal dan sportif.

"Kami berharap sisa pertandingan ini, para atlet dapat berjuang menunjukkan performa terbaiknya untuk meraih prestasi. Sisa waktu yang masih tersedia dalam penyelenggaraan Porda XVI dan Peparda III dapat dimanfaatkan untuk menambah perolehan Medali," katanya.

Sementara dalam upaya Sukses Membangkitkan Ekonomi Pemkab Sleman melibatkan sejumlah UMKM yang ditempatkan pada 2 venue utama (Stadion Maguwoharjo dan Sleman City Hall) dengan total jumlah UMKM yang ikut sebanyak 117 UMKM. Jumlah tersebut belum termasuk UMKM yang berada di masing-masing venue pertandingan.

"Alhamdulillah sampai dengan Selasa (6/9/2022) melalui kolaborasi penyelenggaraan Porda XVI dan Peparda III terjadi peningkatan ekonomi bagi para pelaku UMKM yang terlibat, rata-rata sebesar 30% dari kondisi biasa. Tentunya kami berharap hingga penutupan nanti masih dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan peningkatan perekonomian UMKM maupun masyarakat di Kabupaten Sleman," jelas Kustini.

Sedang Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengajak masyarakat Sleman untuk melihat closing ceremony Porda XVI dan Peparda III pada Jumat (9/9/2022), karena acara akan dikemas menarik seperti saat opening ceremony. Selain tarian kolosal ada hiburan lain dan pesta kembang api.

"Kami akan menambah kuota penonton, jika dalam pembukaan kuota hanya 8000 penonton, pada acara penutupan kuota ditambah antara 10.000 hingga 12.000 penonton dan gratis. Syaratnya penonton bisa akses Tiket.com dan sudah booster," kata Danang.

Terkait rumput stadion, dikatakan Danang Pemkab berkomitmen, setelah penyelenggaraan Porda dan Peparda ini berakhir akan segera melakukan perawatan dan pemulihan yang diperlukan. (*)

 



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini