Rabu, 19 Jan 2022,


dealer-isuzu-membuka-layanan-body-repair-konsumennya-bukan-hanya-pemilik-isuzuKaryawan melakukan perbaikan terhadap bodi kendaraan di Bengkel Isuzu Jalan Ring Road Selatan Sewon Bantul. Layanan body repair di bengkel ini dilakukan dengan standar layanan dan peralatan pabrik. (istimewa)


Warjono
Dealer Isuzu Membuka Layanan Body Repair, Konsumennya bukan Hanya Pemilik Isuzu

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Dealer Isuzu Yogyakarta di Jalan Ring Road Selatan Sewon Bantul terus mengembangkan sayap bisnis. Salah satunya melalui pembukaan bengkel body repair yang didesain dengan peralatan standar pabrik.


Ditemui di kantornya, Kepala Cabang Isuzu Yogyakarta, Muhammad Yusuf,  mengungkapkan layanan bengkel body repair ini dilatarbelakangi tingginya permintaan perbaikan bodi kendaraan di Yogyakarta. Sebagai Kota Pelajar dan Wisata, pertumbuhan kendaraan roda empat atau lebih di provinsi ini sangat pesat.


“Ketika jumlah kendaraan terus bertambah, otomatis risiko kendaraan mengalami accident juga meningkat. Kebutuhan perbaikan bodi juga semakin meningkat,” kata Yusuf.

Sejak dibuka tahun 2018, animo konsumen memperbaiki bodi mobil ke Isuzu semakin meningkat. Bukan hanya mobil Isuzu, mobil-mobil merek lain pun banyak yang meminta jasa ke bengkel milik Isuzu. Mulai dari mobil passanger hingga kendaraan kendaraan niaga seperti truk dan mobil boks.


“Kami melayani semua permintaan perbaikan, mulai dari yang ringan, sedang hingga berat. Yang perbaikan berat, umumnya karena accident,” kata Yusuf.

Kepala Bengkel Isuzu Yogyakarta, Priyanto, mengatakan ada sejumlah kelebihan dari layanan body repair dari bengkel Isuzu. Selain ruang perbaikan yang luas dan memadai, peralatan yang terpasang pun sangat lengkap dengan standar peralatan di pabrik Isuzu.

“Peralatan untuk mencampur cat sudah terkomputerisasi. Jadi hasilnya lebih baik dan sempurna. Kami juga menggunakan oven. Saat pengecatan tidak terganggu debu ataupun kemungkinan cipratan air. Pengecatan dengan oven akan memberikan hasil lebih sempurna. Sejauh ini belum pernah ada komplain. Bahkan kami juga memberikan garansi selama enam bulan untuk pengerjaan pengecatan,” kata Priyanto.

Layanan body repair merupakan pengembangan dari layanan bengkel Isuzu. Awalnya, layanan perbaikan bodi mobil merupakan bagian dari layanan terhadap customer yang memiliki mobil Isuzu. Tapi seiring dengan perkembangan kebutuhan dan permintaan, layanan kemudian dikembangkan lebih luas dengan menerima perbaikan dari semua jenis kendaraan.

“Sejauh ini, paling banyak adalah customer retail. Artinya, mereka yang memiliki kendaraan sendiri. Tapi belakangan, permintaan dari perusahaan juga mulai berdatangan. Umumnya adalah perusahaan-perusahaan ekspedisi, rental dan perkantoran, baik dari lingkup DIY maupun luar daerah,” lanjut Priyanto.

Kepastian

Sama halnya dengan perbaikan mesin, reparasi terhadap bodi kendaraan juga sangat terukur. Seberapa kerusakan yang terjadi, bisa untuk memperkirakan berapa lama waktu perbaikan dan berapa perkiraan biaya yang harus dikeluarkan.

Paham bahwa pemilik kendaraan harus mengukur besaran biaya dan waktu pengerjaan, maka bengkel body repair yang dia kelola sangat terbuka dengan customer untuk mendiskusikan langkah terbaik untuk perbaikan yang akan dilakukan.

“Kami tidak ingin customer menyesal atau kecewa. Jadi komunikasi dan diskusi di awal ini justru menjadi kunci. Kami akan jelaskan secara detail dan transparan berbagai kemungkinannya. Misalnya kerusakaannya sekian, maka waktu pengerjaan dan biayanya kisaran sekian. Bahkan, kalau kerusakaannya jelas tidak bisa diperbaiki, misalnya bodi mobil passanger robek, atau melipat (ngelunthung-red), maka harus dipesankan ke dealer untuk panel itu. Kami juga bisa melayani permintaan seperti itu, lengkap dengan biayanya. Bahkan bak truk pun, kami sanggup melakukan perbaikan,” papar Priyanto.

Saat ini, kebanyakan kendaraan yang masuk ke bengkel untuk perbaikan bodi masih dalam kategori ringan dan sedang. Bagi Priyanto, hal ini menjadi indikasi pemilik atau customer mulai menyadari pentingnya melakukan perbaikan atau perawatan sejak awal terjadi kerusakan.

“Kalau yang rusak satu sampai dua panel, perbaikan kira-kira hanya butuh waktu sehari. Biayanya juga semakin ringan. Tapi kalau kerusakan kecil dibiarkan, bisa jadi melebar dan meluas. Otomatis waktu pengerjaan dan biaya juga bertambah,” katanya menjelaskan.

Untuk memberikan pelayanan lebih, tim dari Isuzu juga memberikan layanan antar jemput kendaraan yang akan diperbaiki. Apabila customer tidak sempat membawa sendiri kendaraannya ke bengkel, tim dari Isuzu datang mengambil kendaraan yang akan diperbaiki. (*)


TAGS: bengkel  Izuzu 

SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini