desa-ini-punya-tempat-latihan-ujian-simPintu gerbang masuk Desa Sidomulyo Purworejo  (w asmani/koranbernas.id)


asmani
Desa Ini Punya Tempat Latihan Ujian SIM

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Memasuki Desa Sidomulyo Purworejo Jawa Tengah, ada yang berbeda dengan desa lainnya. Di depan jalan masuk desa tersebut terpampang Gapura bertulisan Selamat Datang Anda Memasuki Kampung Tertib Lalu Lintas.


Tak hanya di pintu gerbang desa, sepanjang jalan pun dipenuhi rambu-rambu lalu lintas, marka jalan yang jelas serta tulisan-tulisan lucu mengajak warga desa tertib berlalu lintas. Ini dilakukan untuk kepentingan masyarakat, demi keamanan berkendaraan.

  • Paket Birthday Menarik Harga Bersahabat
  • Panen Padi Kini Cukup Duduk di Kursi

  • Perlu diketahui, dari 494 desa dan kelurahan se-Kabupaten Purworejo, hanya Desa Sidomulyo yang terpilih sebagai kampung tertib lalu lintas.

    Kepala Desa Sidomulyo, Setyono Hadi, kepada koranbernas.id Minggu (25/11/2018), mengaku bangga desanya terpilih. "Masyarakat kami, terutama yang memiliki kendaraan bermotor tertib berlalu lintas," ujarnya.

  • Dagadu pun Lakukan Perubahan Visual
  • Beban Mengajar Terlalu Besar, Dosen Kesulitan Riset

  • Pihaknya rutin melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas saat pertemuan warga maupun di lingkungan TK dan SD. "Warga kami ketika mengendarai sepeda motor selalu mengenakan helm," terang Hadi.

    Angka kecelakaan yang dialami warga Sidomulyo pun relatif kecil. Faktor itulah yang mungkin dijadikan pertimbangan desa yang dihuni 1.121 Kepala Keluarga (KK) ini sebagai kampung tertib lalu lintas.

    “Dengan terpilihnya desa kami sebagai kampung tertib lalu lintas, kami  melakukan kerja sama dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purworejo," terangnya.

    Kepala Desa Sidomulyo Purworejo, Setyono Hadi (w asmani/koranbernas.id)

    Menurut Hadi, setelah dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU), di desa itu dibuat lapangan peraga untuk latihan ujian SIM (Surat Izin Mengemudi).

    "Warga kami bisa melakukan belajar untuk ujian SIM, lokasinya di depan rumah warga Sidomulyo," papar kakek dua cucu tersebut.

    Kasatlantas Polres Purworejo AKP Nyi Ayu Fitria SIK dihubungi koranbernas.id, Senin (26/11/2018), menyatakan  Desa Sidomulyo sangat memenuhi syarat sebagai kampung tertib lalu lintas.

    Sebelumnya, petugas dari Satlantas Polres Purworejo, berkoordinasi dengan kepala desa, camat dan Dinas Perhubungan melakukan kajian selama dua bulan.

    "Akhirnya terpilih Desa Simulyono sebagai kampung tertib lalu lintas," terangnya.

    Warga Desa Sidomulyo latihan ujian SIM di lapangan peraga di depan rumah warga (istimewa)

    Nyi Ayu menerangkan warga Sidomulyo taat aturan lalu lintas dan tertib berkendara. Pada Rabu (14/11/2018) desa tersebut ditetapkan sebagai kampung tertib lalu lintas dan mewakili Purworejo bersaing dengan kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng).

    "Kita akan mengetahui hasilnya, setelah dua bulan, Polda Jateng akan menetapkan pemenangnya," ujar Kasatlantas Polres Purworejo.

    Apabila Desa Sidomulyo yang terpilih selanjutnya akan mewakili Jateng ke tingkat nasional. (sol)



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini