dewa-19-satukan-empat-vokalis-demi-baladewa-di-yogyakartaPenampilan Dewa 19 dengan empat vokalis pada konser 30 tahun berkarya Dewa 19 di Prambanan. (muhammad zukhronnee muslim/koranbernas.id)


Muhammad Zukhronnee Muslim
Dewa 19 Satukan Empat Vokalis demi Baladewa di Yogyakarta

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA  -- Eksistensi grup band Dewa 19 tidak bisa lagi disangkal. 30 tahun sudah band ini berkarya di belantika musik Indonesia, puluhan hits band asal Kota Pahlawan itu melengkapi pilihan lagu-lagu pada daftar putar ruang karaoke. Ratusan lainnya tersebar liar pada platform berbagi video YouTube dengan berbagai jenis aransemen dan cover.


Band yang terbentuk pada 1986 ini mendulang sukses dengan dengan dua vokalis besar yaitu Ari Lasso dan Once Mekel. Ari Lasso merupakan vokalis pertama Dewa 19 hingga 1999, kasak-kusuk keluarnya Ari Lassso dari Dewa 19 telah ramai dibicarakan Baladewa (sebutan untuk penggemar Dewa 19-red) sejak pengerjaan album Pandawa Lima pada 1997.


Sepeninggalan Lasso, Dhani membuang angka 19 dalam band-nya dan menggandeng Elfonda Once Mekel sebagai vokalis dan Tyo Nugros sebagai drummer dalam album Bintang Lima (2000) hingga album Republik Cinta (2006), Kemunculan Once di Dewa memberi warna baru musik mereka, karakter suara Once yang khas menangguk penggemar-penggemar baru.

Hingga 2011 Once memutuskan untuk hengkang dan fokus bersolo. Tahun ini pula, Ahmad Dhani mengumumkan bahwa grup band Dewa bubar.


Walaupun Dewa telah menyatakan diri bubar, tetapi tekat Ahmad Dhani masih bersemangat untuk tetap mengadakan konser reuni Dewa 19 ke berbagai kota di Indonesia sebagai obat rindu untuk penggemarnya.

Bahkan Ahmad Dhani juga mengundang mantan personel Dewa 19 yang pernah ikut andil dalam perkembangan Dewa 19 seperti Tyo Nugros, Wong Aksan, dan Ari Lasso.

Pada 2021, Dewa 19 memperkenalkan Virzha sebagai vokalis yang kerap tour dari panggung ke panggung. Belum sempat menelurkan lagu baru bersama Virzha, pada 2022 Dewa 19 mengumumkan Marcello Tahitoe sebagai vokalis baru.

Pada awal 2022, Dewa 19 dan Ello memperkenalkan Juliette sebagai sebuah lagu baru, single ini memecah keabsenan karya Dewa 19 selama bertahun-tahun. Musik dengan ritme rock progresif ini sudah tersedia di seluruh platform musik digital sejak April 2022.

Dewa 19 masuk daftar "The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa" versi majalah Rolling Stone pada 2018. Dewa diakui sebagai salah satu legenda atau ikon terbesar dalam sejarah musik populer Indonesia bersama 24 musisi antara lain Benyamin S, Chrisye, Fariz RM dan grup seperti Slank serta Koes Plus.

Setelah Ello resmi bergabung dengan Dewa 19, 30 tahun berkarya grup band ini ditandai dengan Tour di 30 kota dalam dan luar negeri.

Di Yogyakarta, Dewa 19 tampil spesial. Empat vokalis dan dua drummer ikut diboyong dalam pertunjukan Sabtu (6/8/2022). Dengan venue mahakarya Candi Prambanan di belakang panggung, penampilan Dewa 19 memukau ribuan Baladewa yang hadir.

Kerinduan Baladewa terhadap Ari Lasso, Once Mekel dan Tyo Nugros dilengkapi dengan penampilan Virzha, Ello beserta motor Dewa 19 Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, Agung Yudha dan Yuke.

Sebanyak 35 lagu mereka bawakan selama empat jam penuh. Ribuan Baladewa kelas festival dengan atribut-atribut bendera merah hitam tak henti-hentinya ikut bernyanyi, begitupun penonton yang duduk di kelas Silver, Gold dan Diamond.

Konser yang dihelat atas kerja sama Otello Asia dan InJourney memberikan dukungan penuh sebagai salah satu bentuk pemulihan sektor pariwisata dan perekonomian di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kegiatan ini melibatkan 40 UMKM lokal dengan produk-produk unggulan mereka.

Qodie Ibrahim selaku Project Controller Injourney dalam keterangan tertulisnya Minggu (7/8/2022), mengungkapkan Candi Prambanan sebagai salah satu ikon pariwisata mahakarya warisan leluhur dengan eksotisme dan keindahan yang dimilikinya akan semakin menarik bagi para penggemar musik tanah air.

"Hal ini tentunya akan memberikan dampak kesejahteraan masyarakat khususnya sekitar kawasan Candi Prambanan,” kata Qodie.

Sementara Sysan Ibrahim selaku CEO dari Otello Asia mengatakan, sangat senang dan bangga dapat menghadirkan konser 30 Dewa 19 untuk semua Baladewa.

"Konser 30 tahun Dewa 19 ini masih berlanjut di Manado pada 13 Agustus 2022, Lombok pada 26 Agustus 2022, Surabaya pada 3 September 2022 dan Kuala Lumpur pada 9 Agustus 2022," tandasnya. (*)


TAGS: Dewa19  Baladewa 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini