di-kebumen-semua-kecamatan-ada-temuan-kasus-hivKegiatan Sosiomedis Rumah Sakit dr Soedirman Kebumen, di Kelurahan Kalitengah Kecamatan Gombong, Kamis (1/12/2022) (istimewa)


Nanang W Hartono
Di Kebumen, Semua Kecamatan Ada Temuan Kasus HIV

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Sejak ditemukan pertama kali kasus HIV/AIDS di Kebumen tahun 2003, hingga Oktober 2022 jumlah temuan penyakit itu mencapai 1.875 kasus.


Temuan kasus di 26 kecamatan atau semua kecamatan di kabupaten. Kecamatan paling sedikit ditemukan kasus yaitu Kecamatan Padureso. Sebanyak 681 Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) meninggal dunia.


Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kebumen yang juga Kabag Kesra Kebumen, Muksinul Mubarok, kepada koranbernas.id, Kamis (1/12/2022), menjelaskan diperkirakan terdapat 2.157 ODHA di Kebumen. Berdasarkan temuan masih ada 13,1 persen kasus belum ditemukan.

KPA Kebumen terus berupaya menemukan kasus secara aktif. Dengan melakukan pemeriksaan atau VCT (Voluntary Counselling and Testing) orang-orang yang rentan tertular, atau orang yang secara mandiri ingin mengetahui serta memastikan apakah mengidap penyakit tersebut atau tidak.


Selama tahun 2022 hingga Oktober telah dilakukan pemeriksaan terhadap 20.012 orang, dengan hasil positif 125 kasus atau 0,5 persen. Pemeriksaan ibu hamil pada periode yang sama mencapai 15.581 ibu hamil dengan hasil positif enam kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kebumen dr Iwan Danardono Sp Rad belum bisa memberikan data jumlah ODHA yang memperoleh perawatan di rumah sakit. Dinas Kesehatan akan berkoordinasi dengan rumah sakit lebih dahulu.

Memperingati Hari AIDS Sedunia, Rumah Sakit dr Soedirman (RSDS) mengadakan sosiomedis di Kelurahan Kalitengah Kecamatan Gombong.

Kegiatan ini berupa pengobatan gratis untuk 150 warga, penyuluhan penyakit urologi, serta VCT mobile dengan sasaran 30 orang di satu hotspot kelurahan itu. (*)


TAGS: Dinkes  Kebumen 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini