dikunjungi-delegasi-civil20-kesempatan-suarakan-kondisi-di-daerahMafilindati Nuraini, menerima kunjungan Delegasi C-20 di Pendopo Parasamya Pemkab Sleman, Jumat (29/9/2022). (nila hastuti/koranbernas.id)


Nila Hastuti
Dikunjungi Delegasi Civil-20, Kesempatan Suarakan Kondisi di Daerah

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN--Suatu kebanggaan bagi Kabupaten Sleman dapat menjadi tujuan kunjungan para delegasi Civil-20 (C-20) untuk dapat melihat langsung implementasi pelayanan publik yang bersifat inklusif, setara dan berkeadilan.


“Kami menyambut baik upaya C-20 untuk dapat menangkap kondisi dan isu di daerah agar dapat terakomodir dan tersampaikan kepada para pemangku kebijakan di tingkat pusat. Kami juga sangat mendukung upaya C-20 dalam mengangkat isu kesetaraan bagi akses vaksin dan kesehatan global, sebagai upaya mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan yang adil,” kata Mafilindati Nuraini, Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Sleman ketika menerima kunjungan Delegasi C-20 di Pendopo Parasamya Pemkab Sleman, Jumat (29/9/2022).


Menurut Mafilindati, Pemkab Sleman melakukan kerjasama dengan lembaga non pemerintah termasuk Pusat Rehabilitasi Yakkum untuk kesetaraan disabilitas dengan memberikan ruang publik yang setara, terjangkau termasuk pemberian vaksin bagi disabilitas di masa pandemi Covid-19.

“Kami juga melakukan rehabilitasi jiwa bagi orang dengan disabilitas psikososial, melibatkan masyarakat dengan dukungan penuh dari Yakkum. Salah satunya organisasi Kelompok Swabantu Luhur Jiwo,” tutur Mafilindati.


Sebagai kabupaten yang heterogen, Sleman berkomitmen untuk menjadi rumah bagi seluruh warga untuk memfasilitasi pemenuhan hak-hak dasar apapun kondisinya.

Sementara Direktur Pusat Rehabilitasi Yakkum, Chatarina Sari mengatakan, kegiatan People Caravan ini menjadi kesempatan yang baik untuk menunjukkan kerja nyata yang ada di akar rumput yang dikerjakan secara kolaboratif dengan aparatur tingkat desa sampai dengan kabupaten, secara khusus untuk kelompok marjinal, yang terdiri dari kelompok disabilitas, lansia dan trans gender. Salah satunya adalah akses vaksin dan penyampaian informasi yang benar menjadi fokus kerja yang telah dilakukan dalam respon covid yang lalu yang menjadi contoh nyata kerja kolaboratif antara pemerintah dan lembaga masyarakat.

Sedang Agung Prakoso, Koordinator VAGH C-20 menjelaskan, untuk memastikan suara masyarakat didengar dan diakomodir dalam gelaran Presidensi G-20, maka C-20 hadir untuk memastikan para pemimpin G-20 mendengarkan suara dari masyarakat. Sebagai rangkaian menuju acara puncak C-20 yang dilaksanakan 5-7 Oktober 2022 di Bali, People Caravan Road Show diadakan untuk merekam kerja-kerja nyata dari kelompok masyarakat di akar rumput dan menyuarakannya pada acara pertemuan tingkat tinggi C-20.

“Kami sudah sangat bersahabat karib dengan Yakkum, terutama ketika kita mendapat representasi dari daerah yang salah satunya diwakili Yakkum di DIY. Teman-teman Yakkum merupakan percontohan yang baik bagaimana melibatkan kerja-kerja kelompok masyarakat di lingkup akar rumput dengan kerjasama aktif bersama dinas-dinas di tingkat lokal sampai pusat untuk memberikan pelayanan bagi kelompok marginal,” kata Agung.

Pertemuan ini diharap dapat mengumpulkan suara masyarakat dari akar rumput yang akan kami kumpulkan untuk dapat disuarakan saat pertemuan tingkat tinggi di Bali agar dapat menjadi masukan bagi pemerintah pusat nantinya. (*)

 

 


TAGS: c-20 yakkum 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini