Jumat, 03 Des 2021,


diterjang-badai-kapal-nelayan-sadeng-terbalikDeretan kapal nelayan di Pantai Sadeng Kapanewon Girisubo, Gunungkidul. Kapal yang terbalik, juga merupakan nelayan Sadeng.(sutaryono/koranbernas.id)


Sutaryono
Diterjang Badai, Kapal Nelayan Sadeng Terbalik

SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL – Kapal nelayan Pantai Sadeng Kapanewon Girisubo, terbalik akibat diterjang badai. Dengan kejadian ini, 3 orang nelayan yang menumpang pada kapal itu, berhasil menyelamatkan diri. Hanya saja salah satu nelayan mengalami luka, dan harus mendapat perawatan dokter.


Peristiwa yang terjadi Rabu (24/11/2021) ini menurut keterangan Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I, Sunu Handoko Bayu Segara, berawal ketika kapal nelayan “Kakap 04” ini berangkat melaut melalui dermaga Pantai Sadeng. Di dalam kapal tersebut, terdapat 3 anak buah kapal atau ABK, meliputi Anton yang merupakan tekong kapal warga Cilacap, Ristianto warga Pakel Kopek, Pucung, Girisubo, dan Zaenal Arifin warga Wonosobo.


Para nelayan melaut untuk menarik jaring lobster yang sudah dipasang sebelumnya. “Sesampainya di lokasi di tebing Bubukan, kapal menepi untuk menarik jaring lobster. Tapi naas, tiba-tiba, datang badai dan menerjang lambung kapal nelayan itu, sehingga terbalik,” katanya.

Meski dalam beberapa saat sempat terombang-ambing di laut lepas, tetapi mereka masih bisa bertahan. Para nelayan yang sudah terbiasa menghadapi maut di tengah laut, mencoba menyelamatkan diri dengan berenang ke pinggiran. Tidak berselang lama, informasi adanya kecelakaan laut ini sampai ke tim SAR.


“Kami yang mendapat informasi, langsung ke lokasi dan membantu penyelamatan,” tambah Sunu Handoko. Diakui, dalam beberapa hari terakhir ini gelombang laut mengalami peningkatan. “Kami meminta pada nelayan untuk meningkatkan kewaspadaan, karena gelombang laut ada sedikit peningkatan,” ucapnya.(*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini