dprd-jateng-berharap-indonesia-juara-umum-asean-para-games-2022Ketua Komisi E DPRD Jateng, Abdul Hamid mengikuti pembukaan Asean Para Games XI di Stadion Manahan Kota Surakarta. (istimewa/Dokumentasi Humas DPRD Jateng)


Bekti Maharani
DPRD Jateng Berharap Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2022

SHARE




KORANBERNAS.ID, SEMARANG –  DPRD Jawa Tengah (Jateng) memberikan dukungan penuh kepada kontingen Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2022 yang tengah berlangsung di Surakarta dan berharap meraih juara umum pada ajang internasional tersebut.

  • Bupati Temanggung Ingatkan Rencana Pembangunan Harus Realistis
  • Kades Harus Pegang Janji Tak Korupsi

  • Ketua Komisi E DPRD Jawa Tengah Abdul Hamid menyampaikan hal itu, Rabu (3/8/2022). Dia juga menyatakan rasa bangga kepada kontingen Indonesia yang telah mempersiapkan diri berlatih jauh hari sebelumnya.

    "Kami melihat langsung kondisi kontingen Indonesia yang siap tempur di lapangan saat opening ceremony ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan Kota Surakarta, Sabtu (30/7/2022) akhir pekan lalu," katanya.

  • Daya Tarik Dieng Tak Pernah Pudar
  • Kebumen Siapkan Lahan 360 Hektar untuk Kawasan Industri

  • Lebih lanjut dikatakan bahwa perhelatan Asean Para Games XI  merupakan kebanggaan bagi masyarakat Surakarta sebagai tuan rumah secara khusus dan Jawa Tengah secara umum.

    Abdul Hamid juga menyampaikan para atlet telah melakukan pelatihan jauh-jauh hari sebelumnya dan yakin kontingen Indonesia dalam kondisi siap tempur dan siap bertanding. Tercatat 323 atlet dari Indonesia bertanding pada 14 cabang olahraga.

    "Menyaksikan semangat kontingen Indonesia, harapannya kita akan meraih juara umum di ASEAN Para Games XI ini. Dengan demikian akan memicu para atlet-atlet lain untuk bisa maju dan berkembang,” ungkapnya.

    Ketua Komisi E DPRD Jateng, Abdul Hamid menghadiri pembukaan ASEAN Para Games XI di Surakarta. (istimewa/Dokumentasi Humas DPRD Jateng)

    Dia menambahkan, ASEAN Para Games juga sebagai sarana untuk para penyandang difabel mengembangkan kreativitasnya sendiri. Mereka juga mampu dan memiliki kesempatan untuk mewujudkan kejayaan yang dicita-citakan bagi dirinya, keluarga, bangsa dan negara.

    ASEAN Para Games 2022  dibuka oleh Wakil Presiden RI KH Makruf Amin diikuti atlet dari 11 negara di Asia Tenggara. Indonesia selaku tuan rumah menurunkan 323 atlet, Thailand mengirim 303 atlet, Vietnam 119 atlet, Kamboja 112 atlet, Filipina 144 atlet.

    Selanjutnya Malaysia menurunkan 70 atlet, Myanmar 69 atlet, Singapura 37 atlet, Laos 37 atlet, Timor Leste 15 atlet, dan Brunei Darussalam 13 atlet. Di mana mereka akan bersaing dalam 14 cabang olahraga.

    Acara ini digelar pada 30 Juli - 6 Agustus 2022 di Solo. ASEAN Para Games diikuti oleh atlet-atlet yang mengalami cacat fisik atau difabel.

    Suasana opening ceremony ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan Kota Surakarta. 3. (istimewa/Dokumentasi Humas DPRD Jateng)

    Sejarah ASEAN Para Games pertama digelar pada 26-29 Oktober 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia. Acara ini digelar tepat tiga hari setelah ASEAN membentuk APSF atau ASEAN Para Sports Federation.

    Enam bulan sebelumnya, 10 negara di Asia Tenggara sepakat untuk mengadakan perhelatan tersebut setiap dua tahun sekali.

    Sekitar 700 atlet dan ofisial dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Brunei, Laos, Myanmar, Kamboja, Singapura, Thailand, dan Vietnam berpartisipasi dalam ajang olahraga pertama ASEAN Para Games yang mempertandingkan dua cabang olahraga.

    Dua tahun kemudian, barulah Timor Leste bergabung pada ASEAN Para Games kedua di Vietnam.

    ASEAN Para Games  di Indonesia pada tahun 2022 ini merupakan ASEAN Para Games ke-11, seharusnya diadakan pada tahun 2021 di Vietnam namun dibatalkan oleh pemerintah Vietnam. (adv/anf)


    TAGS: dprd jateng para games 

    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini