dprd-kebumen-selesaikan-12-raperda-pada-masa-sidang-tahun-2022Ketua Bapemperda DPRD Kebumen, FA Bambang Saktiono, memberi penjelasan program pembentukan Perda tahun 2023. (nanang w hartono/koranbernas.id)


Nanang W Hartono
DPRD Kebumen Selesaikan 12 Raperda pada Masa Sidang Tahun 2022

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Selama masa sidang tahun 2022, DPRD Kabupaten Kebumen berhasil menyelesaikan pembahasan 12 rancangan peraturan daerah (raperda) menjadi perda.


Sedangkan pada masa sidang tahun 2023, Program Pembentukan Perda (Propemperda) Kebumen akan membahas 19 raperda. Sembilan raperda itu akan disampaikan pengusul pada masa sidang I hingga masa sidang IV.

  • Tanah di Desa Ini Bergerak setelah Hujan Lebat
  • Terdengar Benturan Keras dari Dasar Sumur

  • Ketua Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Kebumen, FA Bambang Saktiono, kepada wartawan, Kamis (1/12/2022), menjelaskan pada masa sidang 2022 terdapat 18 raperda.

    Hingga Desember 2022, baru 12 raperda yang selesai dibahas menjadi perda. Enam raperda masuk ke Propemperda masa sidang 2023.

  • Sampah Menjadi Kendala Adipura
  • Mahar Pernikahan Budi dan Yuli Sepasang Sandal Jepit

  • Beberapa penyebab pembentukan perda menjadi lebih lama di antaranya adanya perubahan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, sehingga isi raperda harus disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan itu.

    Selain itu, upaya menampung masukan dan pendapat masyarakat juga menjadi salah satu faktor pembahasan raperda tertentu bisa lebih lama.

    “Masa kerja panitia khusus pembahas raperda selama tiga bulan bisa diperpanjang sampai setahun," kata Bambang Saktiono didampingi Sekretaris DPRD Kebumen, Drs Munadi MSi.

    Sekarang ada ketentuan yang bisa memperpanjang masa pembahasan raperda yakni perlu ada harmonisasi raperda di kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Jateng.

    Harmonisasi bukan terkait dengan isi raperda melainkan legal drafting. DPRD harus mengirimkan raperda ke Kemenkumham sebelum memasuki pembahasan. (*)


    TAGS: dprd kebumen 

    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini