dream-theater-mengguncang-solo-lagu-permintaan-gibran-tidak-dimainkanPenampilan Dream Theater di halaman parkir Stadion Manahan Solo, Selasa (10/8/2022). (istimewa)


Muhammad Zukhronnee Muslim
Dream Theater Mengguncang Solo, Lagu Permintaan Gibran Tidak Dimainkan

SHARE

KORANBERNAS.ID, SOLO -- Kehadiran grup rock progressive metal kenamaan asal Amerika, Dream Theater, memuaskan penggemarnya di Indonesia. Konser selama dua jam penuh di area parkir A dan B, Stadion Manahan, Solo, Selasa (10/8/2022), patut membuat bangga. Indonesia merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang disambangi Dream Theater dalam rangkaian Top of The World Tour.


Ribuan penggemar band yang beranggotakan John Petrucci pada gitar, John Myung pada bass, James LaBrie pada vokal, Jordan Rudess pada keyboard dan Mike Mangini pada dram sejak siang sudah memadati loket penukaran tiket.


Gerimis sore hari sempat membuat penonton khawatir, beruntung tepat pukul 20:00 saat James LaBrie menyenandungkan The Alien tidak ada tanda-tanda hujan akan turun.

Ribuan penggemar sontak mendekat ke panggung dengan pakaian serba hitam serta atribut bertuliskan Dream Theater.


Tour dunia Dream Theater ini dalam rangka mempromosikan album ke-15 mereka A View from the Top of the World. Pada album tersebut, band ini lebih berkembang secara musikal, namun tetap mempertahankan teknis instrumentalisnya.

Terdapat tujuh lagu dalam album yang mereka garap di tengah pandemi waktu itu. Album tersebut juga berhasil meraih Grammy 2022 untuk single berjudul Alien, kategori “Best Metal Performance”.

Anas Syahrul Alimi selaku Founder Rajawali Indonesia mengungkapkan, melalui music tourism dia berharap mampu bersumbangsih mewujudkan Solo menjadi kota tujuan destinasi budaya, khususnya konser musik bertaraf  internasional.

Pada konser Dream Theater kali ini,  promotor juga menggandeng beberapa UMKM setempat untuk turut mempromosikan berbagai potensi kearifan lokal kota Solo.

Music tourism ini dampaknya sangat nyata bagi kota-kota di luar Jakarta, mereka sudah seharusnya mendapatkan kesempatan yang sama. Dengan konser musik bertaraf internasional, dampak ekonomi di kota Solo jelas terlihat. Hotel-hotel penuh, dan khususnya kuliner khas Solo akan menjadi destinasi lanjutan setelah menonton konser,” ungkap Anas.

Tak hanya itu, konser Dream Theater kali ini, Rajawali Indonesia juga turut melibatkan Rock in Solo, festival musik rock kebanggan kota Solo. Di luar arena konser, mereka membuka booth “Rock in Solo  Village” dengan beragam aktivitas. Mulai dari DJ Set, performing bands, kuliner, hingga merchandise.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat ditemui usai konser mengatakan puas terhadap penampilan Dream Theater. Meskipun datang terlambat, putra dari Presiden Joko Widodo ini langsung berbaur dengan penonton lain. Gibran menggunakan celana pendek, sepatu running serta hoodie hitam dan topi. "Kesannya bagus, (animo penonton) bagus-bagus," kata Gibran saat ditanya wartawan.

Meskipun lagu Pull Me Under yang dimintanya tidak dimainkan oleh Dream Theater, kekaguman Gibran akan penampilan band ini tidak berubah.

Dia juga melontarkan guyonannya kepada awak media saat bergegas pulang sebelum beberapa menit konser berakhir.

"Justru aku request makanya tidak dimainkan. Apike kuwi (bagusnya itu). (Gibran lalu menirukan obrolan personel Dream Theater) Tadi Gibran minta Pull Me Under rasah wae lah (tidak usah saja). Ya aku rada nesu (aku sedikit marah), ora-ora, aku ngantuk kok (tidak-tidak, aku hanya ngantuk)," kelakar Gibran.

Gibran tetap memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dream Theater karena telah menghelat konsernya di Solo. (*)


TAGS: Dream  Theater 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini