Selasa, 15 Jun 2021,


forema-mendirikan-pos-pantauan-lebaran-ternyata-ini-yang-mereka-lakukanForum Relawan Manisrenggo mengatur kelancaran lalu lintas di simpang empat pos pantauan Lebaran, Senin (17/5/2021).(Masal Gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga
Forema Mendirikan Pos Pantauan Lebaran, Ternyata Ini yang Mereka Lakukan

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN--Momen Lebaran dimanfaatkan banyak pihak untuk menebar kebaikan. Ada yang melalui kegiatan berbagi rizki dan ada juga berwujud lain. Tujuannya, yakni berbuat baik terhadap sesama.


Seperti dilakukan Forema (Forum Relawan Manisrenggo) Bersatu Kabupaten Klaten. Pada Lebaran tahun ini, mereka mendirikan posko di daerah perbatasan wilayah Kabupaten Sleman.


Pos Pantauan Lebaran Forum Relawan Manisrenggo, didirikan di perempatan Desa Leses Kecamatan Manisrenggo. Kawasan tersebut merupakan daerah perbatasan Sindumartani, Ngemplak Sleman DIY, dengan Desa Leses Kecamatan Manisrenggo Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Pos tersebut mulai didirikan pada tanggal 12 Mei sore hingga Senin (17/5/2021). Tujuannya, untuk membantu warga dan pengguna jalan yang mengalami kesulitan.


“Ada yang tidak tahu jalan yang akan dituju. Kami tunjukkan. Bahkan kami antar ke tujuan,” kata Joko Ngaliyo, relawan Forema di Pos Pantauan Lebaran Desa Leses, Senin (17/5/2021).


Joko yang juga warga Desa Sukorini Kecamatan Manisrenggo ini menambahkan, relawan yang diterjunkan di pos tersebut terdiri dari beberapa komunitas. Seperti Walet, Sukorini, Senkom, Banser, Palem Resque, Solodiran Resque, Kokam, Bondowoso dan lain sebagainya.


Setiap hari, posko tersebut dibagi dalam 2 shift dari pukul 07:00 hingga 19:00 WIB dan pukul 19:00 hingga 07:00 WIB.

“Pembagian jadwal piket sudah disepakati bersama,” ujar Joko Ngaliyo dari komunitas Walet itu.

Senada, dikemukakan Haryono dan kawan-kawan. Kepada koranbernas.id mereka menceritakan, terjun langsung di pos pantauan Lebaran ada banyak suka dan dukanya. Sukanya kata mereka, menambah saudara dan bisa membantu sesama. Sedangkan dukanya, mereka harus meninggalkan keluarga sementara waktu.

Beberapa hari lalu kata mereka, ada pengendara motor yang terpisah dari rombongan karena sepeda motornya rusak. Dan pengendara sepeda motor itu tidak tahu jalan. Oleh relawan yang sedang piket diantar menuju tujuan hingga akhirnya berkumpul lagi dengan rombongan.

Camat Manisrenggo Rahardjo B Setijono, mengapresiasi kehadiran relawan mendirikan pos pantauan lebaran di wilayahnya. Meski pos tersebut didirikan pada H-1 Lebaran hingga Senin (17/5/2021), namun keberadaannya sangat membantu petugas.

“Ada laporan pengemudi mobil terperosok. Oleh relawan yang sedang piket dibantu hingga akhirnya bisa melanjutkan perjalanan,” katanya saat ditemui di tempat terpisah. (*)

 

 



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini