garda-terdepan-pemilu-anggota-pps-harus-menjaga-integritasBupati Purworejo Agus Bastian bersama Forkompimda saat menghadiri pelantikan anggota PPS. (istimewa)


Wahyu Nur Asmani EW
Garda Terdepan Pemilu, Anggota PPS Harus Menjaga Integritas

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Sebagai garda terdepan pelaksanaan pemilu, anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara) harus menjaga integritas dan soliditas bangsa.


Pesan tersebut disampaikan Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, Dulrohim, saat pelantikan PPS di Alun-alun Purworejo, Selasa (24/1/2023).


Pelantikan 1.482 anggota  PPS dari 494 desa/kelurahan se-Kabupaten Purworejo dihadiri Bupati Purworejo Agus Bastian beserta Forkompimda.

Kegiatan tersebut sekaligus dirangkai dengan gelar pasukan kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024. Hal ini untuk menandakan, KPU Purworejo siap melaksanakan pemilu serentak 2024.


Dulrokhim mengatakan pemilu serentak akan dilaksanakan 24 Februari 2024 untuk memilih calon presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Anggota PPS yang dilantik akan berkerja sekitar satu tahun sejak 24 Januari 2023 hingga paling lambat dua bulan setelah pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Masa kerja mereka dapat diperpanjang hingga dua bulan jika ada pemungutan suara susulan dan lanjutan.

"Pemilu serentak 2024 sudah di depan mata. Pada 14 Februari 2024 kita akan melaksanakan pesta demokrasi untuk memilih presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten/kota," kata Dulrokhim.

Dia berharap kerja sama TNI, Polri, pemerintah daerah serta partai politik dalam hajatan akbar tersebut. Baginya, kesuksesan pemilu serentak merupakan kesuksesan bersama.

Kepada para anggota PPS dia menekankan untuk bekerja jujur dan ikhlas. Setiap anggota PPS harus menjaga integritas dan soliditas.

"Kalian adalah garda terdepan pelaksanaan Pemilu. Kalian adalah pahlawan demokrasi dan pejuang demokrasi demi tegaknya NKRI," tandasnya.

Sedangkan Agus Bastian mengingatkan ancaman praktik politik uang pada pemilu serentak 2024. Bupati juga menekankan agar seluruh penyelenggara pemilu menjaga netralitas. Inilah salah satu kunci kesuksesan pemilu.

"Money politics harus dihindari, kita jaga sama-sama. Pemilu serentak di Kabupaten Purworejo harus bebas dari praktik politik uang," tegasnya.

Kepada KPU, bupati berharap agar melakukan persiapan secara matang. Seluruh tahapan harus terlaksana secara baik untuk meminimalisir persoalan.

"Catatan buruk pada pelaksanaan pemilu sebelumya harus menjadi pembelajaran. Semua penyelenggara dari KPU hingga KPPS jangan mengabaikan aturan," kata dia.

Para anggota PPS yang baru saja menjalani pelantikan, lanjut bupati, perlu menjaga kesehatan selama menjalankan tugas kepemiluan.  Selain itu, mereka diimbau segera berkoordinasi baik secara vertikal maupun horisontal.

"Peran PPS sangat penting dalam setiap pelaksanaan pemilu. Kalian adalah ujung tombak mewujudkan kesuksesan pesta demokrasi," katanya.

Pada akhir sambutannya, bupati menyatakan pelantikan PPS dan gelar pasukan kesiapan penyelenggaraan pemilu ini menjadi tanda bahwa Purworejo sudah benar-benar siap menyambut hajatan akbar Pemilu serentak 2024. (*)


TAGS: PPS  pemilu 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini