gezeh-touring-community-upacara-hut-ri-di-monumen-perjuangan-jenderal-sudirmanUpacara HUT ke-77 RI digelar Gezeh Touring Community di Monumen Perjuangan Pangsar Jenderal Sudirman,  di Gelaran Karangmojo Gunungkidul. (istimewa)


Siaran Pers
Gezeh Touring Community Upacara HUT RI di Monumen Perjuangan Jenderal Sudirman

SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI, Gezeh Touring Community, Rabu (17/8/2022), mengadakan upacara bendera di Monumen Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman di Desa Gelaran Kalurahan Bejiharjo Kapanewon Karangmojo Gununkidul.


Tetenger tersebut kini dikenal sebagai Tugu Peringatan Markas Komando Pemerintahan Militer di Kabupaten Gunungkidul yang ketika itu dipimpin Jenderal Sudirman.


Upacara yang dimotori Gezeh Touring Community kali ini didukung komunitas touring di Yogyakarta antara lain STMJ (Sedulur Touring Merapi Community), Pramaxs (Prambanan Max Series), CB Kurang Turu Yogyakarta dan komunitas motor lainnya.

Mbah Muji Gezeh selaku ketua menyatakan sebenarnya upacara peringatan HUT RI tidak hanya kali ini saja, tapi hampir setiap tahun selalu digelar. Pada HUT RI tahun lalu, Gezeh menggelar upacara bendera di puncak Gunung Telomoyo.


''Kali ini upacara peringatan HUT RI ke 77 kami gelar di Monumen Pangsar Jenderal Sudirman. Kami sangat terima kasih kepada rekan-rekan komunitas yang ikut nyengkuyung acara ini,'' kata dia.

Ini dimaksudkan untuk menanamkan rasa nasionalisme kepada komunitas motor dan generasi muda agar tetap memegang akar budaya Indonesia.

“Jadi, kalau Gezeh Touring keliling bumi Nusantara tujuannya untuk memperlihatkan kepada anak-anak bangsa dan generasi muda Indonesia itu indah dan kaya raya,” jelasnya.

Upacara yang digelar di petilasan Pangsar Jenderal Sudirman ini semata-mata untuk menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda, bahwa Indonesia pernah memiliki Panglima Besar Jenderal Sudirman yang disegani dunia.

Strategi perang Pangsar Jenderal Sudirman yang dikenal dengan gerilya tersebut membuat tentara Belanda keder dan takut. Itulah hebat dan cemerlangnya strategi perang Pangsar Jenderal Sudirman.

Kejayaan dan kepahlawanannya itulah yang patut dikenal oleh masyarakat khususnya generasi muda. ''Jadi kami sebagai komunitas motor, hanya ingin menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda,'' ujar Mbah Muji Gezeh yang sudah touring keliling bumi Nusantara.

Setiap hari bersejarah Gezeh Touring Community selalu menggelar upacara, seperti Hari Bhayangkara maupun HUT TNI selalu turut merayakan agar jiwa nasionalisme selalu tertanam. (*)


TAGS: Touring  Community 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini