Jumat, 17 Sep 2021,


giliran-pedagang-dan-pengunjung-pasar-wates-jadi-sasaran-vaksinasi-covid19Vaksinasi untuk pedagang dan pengunjung Pasar Wates, Selasa (14/9/2021). (anung marganto/koranbernas.id)


Anung Marganto
Giliran Pedagang dan Pengunjung Pasar Wates Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

SHARE

KORANBERNAS.ID, KULONPROGO -- Pasar Wates menjadi sasaran vaksinasi bagi para pedagang maupun pengunjung pasar. Vaksinasi Covid-19 tersebut diselenggarakan oleh Kodim 0731/Kulonprogo. Sebanyak 500 dosis vaksin Sinovac diberikan kepada masyarakat Kulonprogo di Pasar Wates, Kelurahan Wates, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulonprogo, Selasa (14/9/2021) pagi.


Komandan Kodim 0731/Kulonprogo, Letkol Inf Yefta Sangkakala, mengatakan pihaknya turut melakukan percepatan vaksinasi untuk masyarakat di sektor informal seperti pedagang pasar. Karena pedagang pasar maupun pengunjung perlu dilayani agar lebih mudah dalam mengikuti program vaksinasi Covid-19.


“Kegiatan vaksinasi ini merupakan wujud komitmen dan tanggung jawab kami untuk menyukseskan program vaksinasi nasional Covid-19 yang menargetkan dua juta dosis vaksin per hari di bulan September. Untuk itu kami memberikan vaksinasi kepada masyarakat yang bekerja di sektor informal seperti pedagang pasar maupun pengujung pasar agar lebih mudah dalam mengikuti program vaksinasi Covid-19,“ kata Letkol Yefta.

Menurut Letkol Yefta, kegiatan bertema “Ayo Vaksin Ayo Bangkit Negeriku” ini untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi secara nasional.


“Kulonprogo sendiri kita tahu beberapa waktu lalu menjadi salah satu daerah yang mengalami lonjakan kasus positif dan kematian yang cukup tinggi di Indonesia. Maka kerja sama antar-instansi, antar-komunitas dan didukung masyarakat, sangatlah penting agar kita bisa mencegah dan mengendalikan sebaran Covid-19. Saya juga ingin mengingatkan, vaksin bukan kata akhir. Setelah vaksin, semua peserta tetap wajib patuh dengan protokol kesehatan,” katanya.

Sedangkan Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana, yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kulonprogo, saat dihubungi koranbernas.id, Selasa (14/9/2021), mengingatkan kasus Covid-19 di Kulonprogo memang mengalami tren penurunan. Namun sejauh ini kondisi Kulonprogo belum bisa dikatakan aman, lantaran kasus Covid-19 masih fluktuatif.

Fajar meminta masyarakat lebih bersabar dan menahan diri untuk tidak bepergian ke luar rumah apabila tidak sangat perlu. Namun apabila harus bepergian, diimbau tetap mengenakan masker dengan baik, untuk mencegah paparan Covid-19.

Fajar melihat mobilitas masyarakat di Kulonprogo saat ini memang jauh menurun. Namun pihaknya berharap agar jangan berpuas diri karena saat ini masih ada potensi terjadi lonjakan jika masyarakat abai.

“Karena potensi lonjakan Covid-19 masih ada jika masyarakat abai. Ini harus disadari dan masyarakat segera berubah supaya kondisi segera membaik,” kata Fajar.

Komandan Koramil Wates, Kapten Inf Wiyono, selaku Koordinator Lapangan dalam vaksinasi Covid-19 di Pasar Wates, mengatakan vaksinasi ini bertujuan untuk menjangkau segala lapisan masyarakat seperti pekerja informal yaitu pedagang pasar, kuli gendong, tukang becak maupun para pengunjung pasar Wates. “Agar terjadi percepatan vaksinasi di Kulonprogo, khususnya di Kapanewon Wates,” katanya.

Karsih Indriyani, warga Gunung Kelir, RT 24/ RW 36, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kulonprogo, yang menjadi peserta vaksinasi Covid-19 mengaku mengikuti vaksinasi Covid-19 karena menjadi kebutuhan. Dirinya sangat senang dengan adanya vaksinasi Covid-19 di Pasar Wates karena tidak perlu antri dan dilayani dengan baik oleh anggota TNI.

“Di sini tidak perlu antri dan prosesnya cukup mudah, tidak berbelit-belit. Ternyata tidak ada efek apa pun di badan saya,” katanya. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini