Minggu, 13 Jun 2021,


gunakan-blt-untuk-membeli-kebutuhan-pokokKepala Desa Karanglo, Kosmas Widodo (kanan), menyerahkan BLT DD tahap dua tahun 2021 kepada KPM penerima (kiri). Penyaluran BLT DD tahap dua berlangsung di aula Kantor Desa Karanglo, Rabu (5/5/2021). (masal gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga
Gunakan BLT untuk Membeli Kebutuhan Pokok

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN -- Pemerintah Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan, menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) tahap dua tahun 2021, Rabu (5/5/2021). Penyaluran yang berlangsung di aula kantor desa tersebut dipimpin langsung Kepala Desa, Kosmas Widodo, pendamping desa, perwakilan kecamatan, BPD, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.


Kepala Desa Karanglo, Kosmas Widodo, menjelaskan ada 68 keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima BLT DD tersebut. "Tahun ini 68 KPM yang menerima. Kalau tahun 2020 kemarin ada 113 KPM," katanya kepada koranbernas.id.


KPM penerima BLT DD tahun ini adalah warga yang benar-benar tidak mampu (miskin) dan membutuhkan. Mereka layak menerima bantuan setelah lolos verifikasi oleh tim. Adapun latar belakang penerima yakni lansia, difabel dan sakit.

Kosmas menambahkan, setelah data KPM diperoleh oleh tim verifikasi yang berkoordinasi dengan RT dan RW setempat, selanjutnya ditetapkan dalam forum musyawarah desa khusus (Musdessus) sebagai penerima BLT DD.


Tahun ini, BLT DD disalurkan selama 12 tahap. Masing-masing KPM menerima Rp 300 ribu per tahap. BLT DD tahap pertama telah disalurkan bulan April.


Dia berharap bantuan tersebut bermanfaat dan bisa membantu meringankan beban KPM pada masa pandemi Covid-19. "Semoga bermanfaat dan gunakan untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari," ujar Kosmas yang juga purnawirawan polisi itu.


Ditempat terpisah, Hasto Mulyono merasa bersyukur menerima BLT DD. Usai menerima bantuan, dia mengaku akan menggunakannya buat beli kebutuhan pokok.

"Saya sudah sepuh dan sakit. Dulu jualan sulak tapi sekarang tidak lagi. Bantuan ini sangat bermanfaat dan mau buat beli sembako untuk sehari-hari," ujar warga Dukuh Ngriman itu. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini