hasilkan-21-ton-lebih-kalasan-sukses-panen-bawang-merahPanen bawang merah di area persawahan Dusun Gendingan, Jarakan, Tirtomartani, Kalasan, Kamis (8/9/2022). (istimewa)


Nila Hastuti
Hasilkan 21 Ton Lebih, Kalasan Sukses Panen Bawang Merah

SHARE

KORANBERNAS.ID,SLEMAN--Gapoktan Tirto Sembodo sukses melakukan panen raya bawang merah bantuan dari APBN Dirjen Holtikultura pada Kamis (8/9/2022).  Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa turut memanen bawang merah di area persawahan Dusun Gendingan, Jarakan, Tirtomartani, Kalasan. 


Petani berhasil memanen 21,5 ton per hekta. Bawang merah para petani didapat dari bantuan dari APBN  Dirjen Holtikultura. 


“Pemberian bantuan ini tentunya akan sangat membantu petani dalam budidaya bawang yang dilakukan guna meningkatkan produktivitas dan kualitas bawang merah yang dihasilkan,” paparnya.

Danang menilai, para petani harus memberikan perhatian khusus pada tiga titik kritis dari rantai agribisnisnya. Yakni meliputi ketersediaan benih unggul dan bermutu, teknik budidayanya serta penanganan panen dan paska. Ketiga hal tersebut dinilai Danang menjadi kunci penting untuk memberikan keuntungan bagi para petani.


“Monggo, bapak ibu petani juga bisa melakukan manajemen yang baik untuk masa tanam komoditi bawang merah ini. Dengan upaya tersebut, maka saya berharap harga komoditas bawang merah ini akan stabil dan produknya selalu tersedia dipasaran dalam jumlah yang mencukupi,” jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Hortikultura DPKP DIY, Wiwin Suryawati mengatakan capaian Gapoktan Tirto Sembodo ditargetkan meningkat 20 persen per tahunnya. Wiwin berharap, kondisi baik tersebut dapat dikembangkan dalam bentuk pasar lelang bawang merah.

“Sleman sudah sukses memiliki pasar lelang cabai, semoga kedepannya secara bertahap, hal tersebut juga terjadi pada bawang merah, Sehingga, daya tawar petani lebih tinggi dan lebih bisa mensejahterakan para petani,” katanya.(*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini