Sabtu, 19 Jun 2021,


ini-tips-memilih-ponsel-harga-rp-1-jutaanSmartphone Realme C11. (istimewa)


Siaran Pers
Ini Tips Memilih Ponsel Harga Rp 1 Jutaan

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Salah satu kebutuhan manusia saat ini adalah smartphone. Ponsel pintar itu selain untuk komunikasi juga memiliki beberapa fungsi lain yaitu bekerja maupun belajar online. Intinya sekarang ponsel pintar sudah tidak hanya digunakan untuk komunikasi saja, tapi digunakan juga untuk membantu kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.


Akan tetapi, tidak semua orang dapat membeli ponsel dengan budget besar. Akan tetapi kita tetap ingin mengganti ponsel kita ke yang lebih baru. Jangan khawatir, karena sekarang ada banyak ponsel pintar yang dijual di pasaran dengan harga kisaran Rp 1 jutaan.


Ponsel pintar dengan harga kisaran Rp 1 jutaan sudah bukan hal yang mustahil lagi. Kenapa ? karena sekarang telah hadir beragam ponsel entry-level dengan spesifikasi yang cukup mumpuni di kelasnya. Dan kualitas yang dimiliki juga cukup baik.

Akan tetapi, kamu harus lebih jeli lagi ketika akan membeli ponsel dengan harga yang di kisaran Rp 1 jutaan. Karena tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan smartphone yang di iklan terlihat bagus namun aslinya biasanya saja, baik itu dari sisi spesifikasi maupun fiturnya.


Daripada kamu nantinya salah pilih, inilah lima tips yang bisa kamu terapkan ketika akan membeli ponsel. Tips ini mudah-mudahan bisa jadi referensi kamu  memilih ponsel harga Rp 1 jutaan.


Chipset yang Dipakai


Chipset ibarat otaknya ponsel. Chipset ini yang menentukan performa smartphone. Untuk ponsel yang diharga 1 jutaan biasanya menggunakan chipset MediaTek atau Snapdragon.

Smartphone entry-level juga jika menggunakan chipset Snapdragon biasanya seri snapdragon 400. Tapi, snapdragon 400 juga sekarang sudah bisa mendukung aktivitas kita dengan smartphone tersebut.

Tapi jangan salah, harga ponsel Rp 1 jutaan sekarang ini sudah dibekali dengan menggunakan chipset yang biasa dipakai di ponsel gaming yaitu MediaTek Helio G65, dengan chipset ini kita bisa bermain game yang cukup berat seperti PUBB dan Mobile Legend dengan tampilan yang sedang atau smooth. Misalnya saja adalah smartphone Realme C11. Harga realme c11 sekarang pada kisaran Rp 1,3 jutaan.

Chipset ini jarang sekali diperhatika pengguna, pengguna hanya fokus kepada harga yang murah saja. Nah, sekarang perhatikan dulu kualitas chipset yang digunakan.

Layar yang Besar

Dengan kita menggunakan smartphone yang memiliki layar lebar akan ada banyak keuntungan yang bisa dapatkan salah satunya adalah menonton video serta bermain game dengan lebih leluasa dan menarik. Tentu saja sekarang ini ponsel harga Rp 1 jutaan sudah dilengkapi dengan ukuran  layar yang besar di atas 6 inchi, ini bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih ponsel.

Minimalnya resolusi untuk layarnya adalah HD 1600 x 720 piksel dan biasnaya smartphone entry level keluaran sekarang sudah dilengkapi dengan ukuran resolusi sebesar itu. Dengan ukuran seperti itu tampilan pada layar kita lebih jernih dalam menampilkan beragam warna di layar.

RAM dan Memori Memadai

Selain chipset dan layar, RAM dan memori dengan kapasitas yang memadai juga sangat penting. Ketika dahulu RAM berkapasitas 1GB cukup untuk kelas entry level, tapi tahun 2021 ini sudah banyak ponsel dengan harga kisaran Rp 1 jutaan yang dilengkapi dengan kapsitas RAM yang lebih baik dan setidaknya mendukung multitasking.

Sekarang ini minimal untuk ponsel sekelas entry level memiliki RAM berukuran 2GB sampai dengan 3GB. Bagian memori internalnya juga sangat penting, sekarang banyak produsen smartphone telah melengkapi ponselnya dengan memori internal yang cukup besar yaitu 16GB sampai dengan 32GB untuk ponsel kelas entry level.

Cek Kapasitas Baterai

Tidak lupa juga kita harus memperhatikan masalah kapasitas baterainya. Karena baterai bisa mempengaruhi kenyamanan kita ketika menggunakan smartphonei. Dengan kapasitas baterai yang memadai tentunya akan membuat kita nyaman ketika menggunakannya, minimal dengan kapasitas baterai kita tidak lebih sering charge ponsel kita. Sehingga kita bisa charge ponsel kita hanya sekali untuk penggunaan ponsel yang lama.

Sekarang ponsel dengan harga Rp 1 jutaan sudah dibekali baterai berkapasitas jumbo mulai dari 4.000 mAh bahkan bisa di atasnya. Sebagai contoh ponsel realme c11 yang menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Perhatikan Kamera

Zaman sekarang konten video semakin banyak digemari siapa saja. Maka jika kamu tergolong orang yang suka foto dan video, maka kamera harus diperhatikan kualitasnya. Jika ponsel flagship menggunakan kamera quad camera, tapi umumnya untuk ponsel entry level hanya di lengkapi dengan dual kamera tapi resolusi dari kamera entry level juga cukup mumpuni.

Meskipun ponsel entry level memiliki fitur yang terbatas, tapi jika kita gunakan hanya untuk foto dan mengambil video saja, kamera di entry level sudah lebih dari cukup. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini