ini-wujud-celengan-edukasi-karya-warga-trirenggo-bantulWarga Pasutan Kalurahan Trirenggo Bantul, Muhammad Masykur Hanafi, berkreasi membuat celengan edukasi bagi anak-anak. (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya
Ini Wujud Celengan Edukasi Karya Warga Trirenggo Bantul

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Seorang warga Pasutan Kalurahan Trirenggo Bantul, Muhammad Masykur Hanafi (39) berkreasi membuat karya celengan edukasi bagi anak-anak. Wujudnya unik dan bentuknya beragam.


Ditemui pada acara 'Dinamika Desa' gelaran Dinas Kominfo Bantul, Hanafi selaku pemilik Fazava Home Craft mengatakan disebut celengan edukasi karena mengajarkan anak untuk rajin menabung atau menyimpan uang.


Selain itu, juga untuk edukasi agar anak mengenal karakter tokoh dan juga pengenalan warna. Hanafi juga menjual celengan polosan alias belum diwarna yang dijual sepaket dengan palet lukis, kuas dan cat. Nanti anak tinggal mewarnai celengan tersebut sesuai imajinasinya atau sesuai gambar yang juga disertakan dalam kemasan paket tersebut.

"Jadi dengan mewarnai tersebut anak juga akan terpacu kreativitasnya," kata Hanafi Selasa (4/10/2022).


Dia menjual celengan edukasi tersebut dengan harga sangat terjangkau mulai Rp 20.000 hingga Rp 25.000 setiap paketnya. Celengan polos harganya mulai Rp 7.000 hingga Rp 11.000. Jika ingin membeli yang  sudah diwarnai, tersedia dengan harga yang sama.

Hanafi memulai usaha ini pada 2019 dengan penjualan melalui online ataupun melalui reseller. Dalam satu hari dengan dibantu empat karyawan, mampu memproduksi 40 hingga 60 celengan berbagai ukuran dan karakter. Ada doraemon, spiderman, keropi, hello kitty dan karakter  kartun lainnya.

Bahan utama pembuatan celengan adalah dari gipsum. Gipsum tersebut diolah kemudian dimasukkan cetakan dari bahan silikon sesuai dengan karakter tokoh yang akan dibuat. Tidak perlu dibakar, hanya diangin-anginkan celengan  yang selesai dicetak itu akan mengeras.

"Saya  mendapat ilmu membuat celengan gipsum ini dari youtube, beberapa kali praktik beberapa kali juga gagal. Saya tidak menyerah, saya mencoba terus hingga akhirnya bisa membuat seperti ini," katanya.

Kini celengan produksinya tersebut sudah dipasarkan ke seluruh tanah air. Budianto, salah seorang pembeli mengatakan konsep celengan edukasi ini sangat bagus. Dirinya bersama teman-temanya membeli untuk diberikan kepada anak-anak  agar diwarnai.

"Bagus sekali ini melatih anak-anak belajar mewarnai dan berimajinasi. Tentu mengajarkan anak untuk rajin menabung," katanya. (*)


TAGS: celengan  edukasi 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini