inisiatif-masyarakat-dan-swasta-penting-untuk-bangkitkan-wisataKepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid. (istimewa)


Nila Hastuti
Inisiatif Masyarakat dan Swasta Penting Untuk Bangkitkan Wisata

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN--Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman menyebut Oktober bisa menjadi bulan kreatifnya Kabupaten Sleman. Semangat ini diawali dengan mulai merebaknya event-event kreatif yang diselenggarakan untuk menggeliatkan sektor pariwisata yang selama ini mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19.


“Namun demikian, masih harus berhati-hati dan tetap waspada terhadap pandemi Covid-19. Diharapkan masyarakat dan pihak swasta untuk bangkit dan menata kembali sektor pariwisata, dengan menyiapkan destinasi yang berkualitas dan penyelenggaraan event-event yang menarik,” kata Ishadi Zayid, Kepala Dispar Kabupaten Sleman, Selasa (4/10/2022).


Ishadi menambahkan, pihaknya mengapresiasi pihak-pihak yang telah menyelenggarakan event-event pariwisata secara swadaya, seperti Pasar Kangen Bunda yang diselenggarakan secara rutin setiap 35 hari sekali pada hari Minggu Legi oleh Manajemen The Allabun Kaliurang. Event tersebut bekerjasama dengan Forkom UMKM Hargobinangun, penyelenggaraan Pasar Batik oleh Asosiasi Batik Sleman “Mukti Manunggal” pada tanggal 2 Oktober 2022 kemarin.

Diungkapkan, pada Oktober 2022 ini Dinas Pariwisata melalui kerjasama dengan berbagai pihak mengemas event Sleman Creative Week #2 yang diawali dengan Event Pesta Boneka (Papermoon Puppet Festival) tanggal 3 hingga 9 Oktober 2022 di Kampung Media, Jl.Damai, Sinduadi, Ngaglik, Sleman. Kegiatan ini melibatkan sedikitnya 98 grup/individu artis dari 29 negara yang menjadi bagian dari PESTA BONEKA #7. Informasi detail tentang Pesta Boneka bisa dilihat pada laman pestaboneka.com.


Rangkaian pesta boneka bisa diakses melalui 3 kemasan yaitu secara online (tanggal 5 – 8 Oktober 2022), hybrid (tanggal 5 Oktober 2022) dan offline dan terbuka untuk umum (tanggal 6 - 9 Oktober 2022).

Selain itu, rangkaian Pesta Boneka juga akan dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2022 di Desa Wisata Kelor dengan agenda sebagai berikut, pukul 09.00 – 11.00 WIB When Puppeteers Cook, pukul 11.00 – 11.10 WIB Flashmob Jathilan, pukul 11.10 – 12.45 WIB Sharing Performance.

“Pemilihan Desa Wisata Kelor ini sebagai upaya mempromosikan dan mengenalkan desa wisata di Kabupaten Sleman kepada wisatawan mancanegara melalui peserta Pesta Boneka,” tutur Ishadi.

Selanjutnya pada tanggal 21 hingga 23 Oktober 2022 akan digelar Sleman Creative Week #2 di Sleman Creative Space, Taman Kuliner, Condongcatur, Depok, Sleman. Rangkaian kegiatannya antara lain berupa workshop sub sektor ekonomi kreatif, pameran potensi sub sektor ekonomi kreatif dan dimeriahkan dengan penampilan seni pertunjukan baik tradisional maupun modern.

Rangkaian Sleman Creative Week #2 akan ditutup dengan event Bedog Art Festival yang dinaungi oleh Yayasan Banjarmili.

Bedog Art Festival #12 akan dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2022 secara hybrid video typing dengan live streaming di Studio Banjarmili yang berlokasi di Kradenan RT 04/RW 17, Banyuraden, Gamping, Sleman.

“Di tahun ini, Bedog Art Festival mengangkat tema Memayu Agunging Sukma yang memilki makna sebagai bentuk lelaku mengabadikan sekaligus memberikan penghormatan kepada jiwa seseorang atas jasa yang diberikan selama hidup,” pungkas Ishadi. (*)

 

 



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini