jalan-tiga-desa-di-kecamatan-tulung-klaten-jadi-tempat-pembuangan-sampahTumpukan sampah di sepanjang jalan penghubung tiga desa di wilayah Kecamatan Tulung yakni Desa Sudimoro, Tulung dan Malangan. (masal gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga
Jalan Tiga Desa di Kecamatan Tulung Klaten Jadi Tempat Pembuangan Sampah

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN -- Desa Tulung, Sudomoro dan Malangan merupakan tiga desa di Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten yang wilayahnya berdampingan. Batas wilayah tiga desa itu hanya jalan dan sungai yang lokasinya cukup jauh dari permukiman penduduk.


Mengingat kondisinya seperti itu, pada perbatasan wilayah tiga desa tersebut kini dijadikan orang tidak bertanggung jawab sebagai tempat pembuangan sampah.

  • Tarif Air PDAM Klaten Masih Termurah
  • Hanya Satu Calon Kades yang Daftar

  • Tidak ada yang mengaku siapa yang sering membuang sampah di kawasan itu. Berdasarkan informasi warga Dukuh Jaten Desa Sudimoro atau perkampungan penduduk yang lebih dekat dengan lokasi itu, mereka yang membuang sampah di tempat itu adalah orang dari luar desanya.

    "Orang luar semua. Mereka buang sampah dari atas kendaraan bermotor sambil lewat. Bahkan ada yang membuang sampah pakai mobil segala," kata warga Dukuh Jaten itu, Sabtu (26/11/2022).

  • Reklame Salah Pasang pun Disita
  • Gedung Pengolahan Sampah Tanpa Listrik

  • Senada dikemukakan Kepala Desa Sudimoro, Agus Herwanto. Dihubungi melalui telepon, dia menyatakan benar yang membuang sampah di kanan kiri jalan perbatasan wilayah Sudimoro, Tulung dan Malangan bukan warganya.

    Akibat tumpukan sampah yang cukup banyak di sepanjang jalan tersebut, dirinya secara pribadi dan selaku Kepala Desa Sudimoro merasa prihatin.

    Beberapa waktu lalu dirinya sudah berkoordinasi dengan tokoh masyarakat, perangkat desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk mengambil tindakan.

    Yaitu, membersihkan jalan itu dari sampah dan melebarkannya. Diharapkan setelah jalan itu diperlebar, tidak akan ada lagi warga yang membuang sampah di kawasan tersebut.

    “Rencananya minggu depan kami akan mulai. Kemarin sudah kami kumpulkan dan bicarakan dengan tokoh masyarakat dan BPD juga, untuk segera ditangani," ujarnya.

    Tanggapan berbeda justru diungkapkan warga Desa Tulung. Menurut mereka, sebenarnya yang membuang sampah di kawasan itu adalah warga Dukuh Jaten Desa Sudimoro atau kampung yang berada di sebelah selatan.

    “Sebenarnya warga Jaten tidak membuang sampah di tempat itu, orang luar tidak mungkin berani buang sampah di sana. Kami juga sudah pasang plang larangan buang sampah di sana," kata warga Tulung.

    Lokasi tempat pembuangan sampah di perbatasan tiga desa berada di pinggir jalan penghubung tiga desa yang cukup jauh dari permukiman penduduk.

    Sebelah timur jalan merupakan wilayah Desa Sudimoro dan di barat jalan wilayah Desa Sudimoro. Sedangkan di utara jembatan masuk wilayah Desa Malangan.

    Karena lokasinya yang yang jauh dari permukiman itulah menjadikan orang dengan leluasa membuang sampah di tempat itu. Tumpukan sampah pada kanan-kiri jalan mengganggu pengguna jalan yang lewat. (*)


    TAGS: Klaten  sampah 

    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini