jawa-tengah-siap-dilintasi-21-juta-pemudikKapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi memberikan keterangan kepada wartawan di Pospam Desa Nampurejo Kabupaten Purworejo. (wahyu nur asmani ew/koranbernas.id)


Wahyu Nur Asmani EW
Jawa Tengah Siap Dilintasi 21 Juta Pemudik

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa Tengah mulai dari wilayah Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap siap dilintasi 21 juta pemudik dari total sekitar 84 juta pemudik di seluruh Indonesia.


"Jalur wilayah kita menjadi prioritas, jika terjadi kepadatan arus lalu lintas akan ada pengalihan arus di pertigaan Sangkal Putung Kabupaten Kebumen," ujar Irjen Ahmad Luthfi, Kapolda Jateng, saat melakukan pengecekan jalur selatan di Pos Keamanan (Pospam) Desa Nampurejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, Selasa (26/4/2022).


Pengemudi akan diarahkan melalui jalur selatan (pansela) yang melewati Jalan Daendels.

"Kami melalui media massa ingin menyampaikan pada pengemudi lebih baik mudik lewat jalur Pansela. Jalannya sudah bagus hanya penerangan jalan umum (PJU) yang kurang. Kami imbau agar pengemudi lebih berhati-hati saat melintas Pansela terutama malam hari," imbau Kapolda saat melakukan pengecekan dari Cilacap, Banyumas, Kebumen dan Purworejo.


Pengecekan jalur selatan tersebut sekaligus untuk gelar petugas yang terdiri dari Polri, TNI dan didukung petugas dari Dinas Perhubungan, Satpol-PP dan Dinas Kesehatan.

"Hari ini kami mengecek jalur selatan mulai dari Cilacap, Banyumas dan di Pos Keamanan di Desa Nampurejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo," sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Jateng menyebut angka kriminalitas di Jawa Tengah mengalami penurunan. Jajaran Polda Jawa Tengah berhasil melaksanakan Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD).

Kapolres Purworejo, AKBP Fahrurozi mengatakan, pemudik yang tiba di Purworejo sudah ada sekitar 1.800 orang.

"Ada 1.800 orang yang sudah datang hari kemarin (Senin), itu pun yang terdata menggunakan moda kereta api. Kami perkirakan nanti H-3 Idul Fitri adalah puncak arus mudik," jelas Fahrurozi.

Di Kabupaten Purworejo terdapat dua pos pelayanan, empat pos pengamanan dan satu pos terpadu di Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen yang berbatadan langsung dengan Provinsi DIY. (*)


TAGS: mudik  Jateng 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini