jogja-pit-ringkes-wujudkan-pariwisata-sehatKepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, melepas puluhan pesepeda dari komunitas Jogja Pit Ringkes gowes bersama, Minggu (13/11/2022) dari Inna Malioboro. (yvesta putu ayu palupi/koranbernas.id)


Yvesta Putu Ayu Palupi
Jogja Pit Ringkes Wujudkan Pariwisata Sehat

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Puluhan pesepeda dari komunitas Jogja Pit Ringkes gowes bersama, Minggu (13/11/2022). Berangkat dari Inna Malioboro, para pesepeda lipat, roadbike dan mountain bike itu menuju Pantai Cemoro Sewu sejauh 30 km.


Melalui kegiatan bertajuk Mangkat Gasik atau Bersama Masyarakat Olahraga karo Reresik, mereka tak hanya mengayuh sepeda tetapi juga membersihkan Pantai Cemoro Sewu Bantul.


Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo,  mengungkapkan Mangkat Gasik sengaja dilakukan untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan serta menyehatkan masyarakat.

Mereka berkolaborasi dengan pengelola destinasi wisata dengan harapan seluruh pihak memiliki misi yang sama untuk menjaga lingkungan sekitar.


“Teman-teman ini tidak hanya sekadar mengayuh sepeda tapi melakukan aktivitas tentang pariwisata berkelanjutan. Kita bersih-bersih di pantai Cemoro Sewu yang akan kita kunjungi dan tentu ini upaya kita bersama yang harus terus dilanjutkan,” paparnya.

Wisata olahraga itu diharapkan bisa memunculkan spot-spot wisata baru di DIY. Kedatangan para pesepeda dari berbagai daerah meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Pramusinto selaku Pembina Jogja Pit Ringkes menambahkan kegiatan fun bike dari Kota Yogya menuju Pantai Cemoro Sewu diinisiasi bersama untuk menjaga kesehatan, membersihkan lingkungan sekaligus memperkenalkan destinasi wisata.

Komunitas, menurut dia, menangkap baik upaya Dinas Pariwisata untuk memperkenalkan destinasi pariwisata sekaligus memasyarakatkan wisata sehat.

“Kami mengajak komunitas sepeda yang memang banyak di Jogja, eksplore destinasi wisata untuk dikenalkan lebih luas. Kali ini kami ikut membersihkan Pantai Cemoro Sewu, ke depan akan bergeser ke destinasi-destinasi lainnya,” tandas dia.

Di Cemoro Sewu, komunitas tersebut juga memasang plang imbauan untuk menjaga kebersihan. “Harapannya, kesadaran wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan, ikut menjaga lingkungan bisa semakin masif. Kami mulai dari yang terdekat,” kata dia. (*)


TAGS: gowes  jogja 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini