Selasa, 05 Jul 2022,


ka-joglosemarkerto-resmi-meluncurRangkaian KA Joglosemarkerto yang baru saja diluncurkan dari stasiun KA Purwokerto. (prasetiyo/koranbernas.id)


prasetiyo
KA Joglosemarkerto Resmi Meluncur

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Kereta Api (KA) Joglosemaarkerto  yang menghubungkan kota-kota di Jawa tengah dan Yogyakarta, baik di jalur utara maupun jalur selatan, Sabtu (01/12/2018),  resmi diluncurkan di tiga stasiun di Jawa tengah yaitu Stasiun Purwokerto,  Solo Balapan dan Semarang Tawang.


Di Purwokerto, peluncuran ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh  Vice Presiden PT KAI Daop 5 Purwokerto, MN Huda D  Santoso.

  • GAP Beri Layanan Periksa Kesehatan Gratis
  • Bantul dan Kulonprogo Siapkan Lahan untuk Pendirian Embarkasi Haji DIY

  • Hadir dalam kesempatan itu  Wakil Bupati Banyumas Drs H Sadewo Tri Lastiono, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Kereta Api Indonesia (PTKAI),  R Ruli Adi.

    Seusai pemotongan tumpeng dilanjutkan dengan pemberangkatan KA oleh Wakil Bupati Banyumas, untuk perjalanan KA Joglosemarkerto relasi Solo-Purwokerto-Semarang. Sedangkan untuk KA Joglosemarkerto  relasi Semarang-Purwokerto-Solo diberangkatkan oleh Direktur SDMU PT KAI.

  • Hanya DIY yang Miliki Perda Bangunan Warisan Budaya
  • Bupati Tanam Padi dengan Mesin

  • Vice Presiden PT KAI Daop 5 Purwokerto MN Huda D  Santoso  mengemukakan, sekarang masyarakat di wilayah Purwokerto, Kutoarjo, Kebumen, Gombong, Kroya, Bumiayu, Prupuk serta Tegal bisa langsung memanfaatkan  transportasi  andal, cepat, tepat waktu serta bebas kemacetan.

    Yakni naik  kereta api, menuju kota-kota lain di Jawa Tengah dan Yogyakarta seperti ke Pekalongan, Semarang, Solo serta Yogyakarta.

    Perjalanan KA Joglosemarkerto ini melewati banyak kota di Jawa Tengah serta Yogyakarta. “Selama ini sebenarnya sudah ada perjalanan KA-KA yang menghubungkan kota-kota tersebut, namun masih memerlukan perpindahan antar KA”,  ujar MN Huda D Santoso.

    Dia mencontohkan penumpang KA Joglokerto dari Yogyakarta yang hendak menuju Tegal/Pekalongan harus berganti KA Kamandaka di Stasiun Purwokerto. “Namun dengan naik KA Joglosemarkerto bisa langsung, tanpa transit dulu,” ujarnya.

    Jadwal KA Joglosemarkerto. (istimewa)

    KA Joglosemarkerto menggunakan rangkaian dua kereta Eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk (kelas eksekutif @50 tempat duduk)  dan tujuh kereta ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk (kelas ekonomi @80 tempat duduk).

    Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto,  menambahkan, tarif KA Joglosemarkerto kelas Eksekutif mulai  40.000 sampai Rp 390.000 dan Ekonomi mulai Rp 30.000 hingga Rp 260.000, tergantung jarak yang ditempuh.

    Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan dengan KA Joglosemarkerto pada periode keberangkatan 1-13 Desember 2018, KAI memberikan diskon sebesar 10 persen.

    Tiket bisa dipesan melalui channel-channel eksternal penjualan tiket KA, maupun via aplikasi KAI Access.

    Berdasarkan pantauan koranbernas.id, pada hari pertama peluncuran KA Joglosemarkerto ini, antusias masyarakat sangat tinggi. Hal ini ditandai dengan okupansi atau keterpenuhan tempat duduk lebih dari 100 persen.

    Untuk KA joglosemarkerto (KA.7079) relasi Solo-Purwokerto-Semarang, penumpang eksekuti 158 orang (okupansi 158 persen dari jumlah seat 100) dan kelas Ekonomi terisi 750 (okupansi 134 persen dari 560) dan total penumpang 908 orang atau 137 persen.

    Tarif KA Joglosemarkerto. (istimewa)

    Sedangkan untuk KA Joglosemarkerto (KA.7081) relasi Solo-Purwokerto-Semarang, penumpang kelas Eksekutif sebanyak 148 orang (okupansi 148 persen dari 100 tempat duduk) dan kelas Ekonomi sebanyak 869 penumpang (okupansi 155 persen dari 560) dengan jumlah total 1017 penumpang, atau okupansi 154 persen.

    Supriyanto juga menjelaskan,  okupansinya melebihi  karena adanya penumpang yang turun di stasiun antara dan kemudian ada penumpang lain yang naik.

    “Dengan dibukanya relasi baru, KA Joglosemarkarto, memberikan pilihan konektivitas tujuan bepergian masyarakat Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal dan sekitarnya. Sehingga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan wisata di daerah-daerah tersebut,” ujarnya. (sol)



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini