Kamis, 05 Agu 2021,


kader-pkk-dilatih-membatik-tradisional-dan-kekinianPelatihan membatik TP KKK Kabupaten Purworejo. (istimewa)


Wahyu Nur Asmani EW
Kader PKK Dilatih Membatik Tradisional dan Kekinian

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Tim Penggerak PKK Kabupaten Purworejo memfasilitasi para kadernya mengikuti kegiatan Pelatihan Membatik Tradisional dan Kekinian.


Kegiatan tersebut untuk mendorong  kader PKK tingkat kecamatan hingga desa meningkatkan kualitas di bidang industri rumah tangga sekaligus melestarikan kearifal lokal di wilayahnya.


Pelatihan yang berlangsung Selasa-Rabu (8-9/6/2021) itu dipusatkan di Aula Kantor TP PKK Kabupaten Purworejo. Peserta terdiri empat orang perwakilan unsur Pokja 3 TP PKK Kecamatan Bener dan Gebang serta 32 pembatik dari sejumlah desa di dua kecamatan tersebut.

Mereka memperoleh berbagai materi teori dan praktik dari sejumlah narasumber yang juga pengurus TP PKK Kabupaten Purworejo.


Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Fatimah Verena Prihastyary Agus Bastian mengungkapkan, pelatihan kali ini untuk meningkatkan kualitas SDM industri rumah tangga di bidang sandang.

“Tujuannya untuk memotivasi para kader industri rumah tangga bidang sandang agar mampu bersaing meningkatkan kualitas, mulai tingkat regional, nasional, hingga internasional,” kata Fatimah.

Selain itu, juga dimaksudkan agar budaya adiluhung warisan nenek moyang tidak akan punah dan kembali bergaung di Kabupaten Purworejo.

Yang pasti, akan menambah penghasilan warga masyarakat di sekitar Bendungan Bener. Sasarannya yaitu pengunjung atau wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. “Diharapkan akan terbuka lapangan kerja sehingga dapat mengurangi penggangguran di Kabupaten Purworejo,” ungkapnya.

Ketua Pokja 3 sekaligus Ketua Panitia Pelatihan, Rahyuning Ruswarjito, menjelaskan pelatihan kali ini menjadi salah satu program kerja Pokja 3 TP PKK Kabupaten Purworejo.

Kegiatan itu dibuka Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo, Fatimah Verena Prihastyari dan dihadiri Wakil Ketua Titik Mintarsihserta sejumlah pengurus Pokja 3. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini