kalurahan-wonokerto-turi-miliki-pertashop-baruWakil Bupati Sleman Danang Maharsa meresmikan Pertashop Wonokerto Jaya Abadi, Kamis (18/8/2022), di Kalurahan Wonokerto Kapanewon Turi. (istimewa)


Nila Hastuti
Kalurahan Wonokerto Turi Miliki Pertashop Baru

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa meresmikan Pertashop Wonokerto Jaya Abadi, Kamis (18/8/2022), di Kalurahan Wonokerto Kapanewon Turi.


Danang berharap BUMKal ini dapat menambah Pendapatan Asli Desa/Kalurahan setempat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Masyarakat Wonokerto harusnya berbangga memiliki Pertashop. Yang penting ada niat dan kemauan bergotong royong," kata Danang.

Pertashop di Kalurahan Wonokerto merupakan BUMKal yang keenam diresmikan di kabupaten tersebut. Saat ini terdapat sekitar 20 pihak yang telah mengajukan pendirian Pertashop.


Namun, kata Danang, Pemerintah Kabupaten Sleman akan memprioritaskan Pertashop yang dikelola oleh Pemerintah Kalurahan seperti yang ada di Kalurahan Wonokerto ini.

"Pak Lurah, Pak Dukuh, silakan disosialisasikan kepada masyarakat untuk membeli BBM di sini. Karena kalau beli BBM di Pertashop ini akan menjadi pemasukan untuk kalurahan," kata Danang.

Semoga dengan adanya Pertashop ini masyarakat lebih mudah mendapatkan BBM satu harga.

Lurah Wonokerto, Riyanto Sulistyo Budi, menjelaskan Pertashop baru tersebut sudah mulai dibuka sejak Senin (15/8/2022).

Rata-rata pemasukan per hari sejak dibuka Senin silam sebesar Rp 1 juta. Setelah diresmikan oleh Wakil Bupati Sleman, pihaknya akan terus mempromosikan agar pendapatannya terus meningkat. "Ini adalah hak milik kalurahan dan masuk PAD Kalurahan semua," kata Riyanto.

Riyanto mengungkapkan, Pertashop itu dibangun di atas tanah kas desa. Biaya pembangunan menghabiskan dana Rp 400 juta, berasal dari APBK sebesar Rp 100 juta dan pinjaman bank sebesar Rp 300 juta. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini