Rabu, 27 Okt 2021,


kereta-bandara-diharapkan-sudah-beroperasi-17-agustus-2021Salah satu penggal jalur kereta menuju Yogyakarta International Airport (YAI). (anung marganto/koranbernas.id)


Anung Marganto
Kereta Bandara Diharapkan Sudah Beroperasi 17 Agustus 2021

SHARE

KORANBERNAS.ID, KULONPROGO -- Pengoperasian Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) diharapkan  tepat pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2021 mendatang.


Pelaksana Tugas Sementara General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, mengatakan uji coba jalur kereta menuju YIA sudah dilakukan oleh PT KAI dari Stasiun Kedundang ke stasiun Bandara pada Selasa (19/7/2021) dan berjalan dengan baik.


“Mengenai evaluasinya akan dilakukan oleh Balai Teknik Perkeretaapian,” kata Pandu, Jumat (23/7/2021).

Pandu menyatakan, target penyelesaian pekerjaan keseluruhan adalah pada 14 Agustus 2021. Kemudian akan dilanjutkan dengan pengoperasian KA Bandara pada 17 Agustus 2021. Sedangkan yang dikerjakan oleh PT Angkasa Pura I dan dilaksanakan oleh Proyek Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta adalah pekerjaan overcapping dan paron stasiun bandara. Progres hingga saat ini sudah mencapai 41 persen.


“Dengan adanya keberadaan kereta tersebut, YIA memiliki konektivitas dan moda transportasi yang cukup lengkap dengan semakin lengkapnya transportasi intermoda pendukung yang terintegrasi, (yakni) kereta api bandara, shuttle, dan angkutan darat lainnya,” kata Pandu.

“Disamping itu YIA dapat menjadi bandara yang mengakomodasi kebutuhan transportasi konektivitas, tidak hanya di wilayah DIY namun juga sampai ke ujung batas wilayah Jawa Tengah mencakup Cilacap, Purwokerto, Kebumen dan Banjarnegara,” lanjutnya.

Pandu menambahkan, nantinya penumpang akan lebih mudah untuk mengakses dari dan ke YIA, dengan semakin bertambahnya pilihan moda transportasi menuju bandara atau menuju kota Jogja. Terlebih lagi, perjalanan dengan KA Bandara ini hanya membutuhkan waktu lebih kurang 36 menit dari Stasiun Tugu sampai tiba di stasiun KA Bandara.

Sementara itu, Drs Suharto, Ketua Komisi I DPRD Kulonprogo yang juga menjadi Ketua DPD Golkar Kulonprogo, menyambut baik dengan segera beroperasinya Kereta Bandara YIA. Hal ini tentunya akan memudahkan penumpang dari bandara menuju Kota Yogyakarta ataupun sebaliknya. Sehingga akan menambah animo penumpang di seputar DIY maupun Jawa tengah bagian selatan.

Suharto berharap Angkasa Pura 1 memberikan tempat bagi UMKM Kulonprogo di dekat area Stasiun Bandara YIA sehingga produknya dapat dikenal oleh penumpang Bandara YIA. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini