Jumat, 17 Sep 2021,


kobarkan-semangat-juang-melawan-pandemiPuncak peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia yang diikuti secara virtual di Gradhika Bhakti Pradja Semarang. (istimewa/Dokumentasi Humas DPRD Jateng)


Bekti Maharani
Kobarkan Semangat Juang Melawan Pandemi

SHARE




KORANBERNAS.ID, SEMARANG --  Semangat juang bersama masyarakat melawan pandemi harus terus dikobarkan, yaitu peduli mencegah penyebaran Covid-19 dengan mentaati protokol kesehatan dan  bangkit dari kondisi sekarang.

  • Ribuan APK Terpasang Melanggar Aturan
  • Konsumsi Ikan Masih Rendah

  • Wakil Ketua DPRD Jateng, Ferry Wawan Cahyono, menyatakan hal tersebut seusai mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Giri Tunggal Kota Semarang, Selasa (17/8/2021) dini hari.

    Upacara yang merupakan bagian dari prosesi memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Indonesia itu digelar tepat pukul 00:00.

  • Tembang The Black Superman Merambah Desa
  • Sulitnya Awasi Pembelian Solar Bersubsidi

  • Menurut Ferry, di tengah pandemi ini pun ada beberapa orang yang layak disebut pahlawan. Mereka adalah pahlawan yang mengurusi urusan sosial, ekonomi dan kesehatan.

    “Semangat juang mereka harus kita kobarkan bersama masyarakat dengan patuh protokol kesehatan. Kita bersama-sama berjuang menghadapi pandemi ini,” ujarnya.

    Suasana khidmat terasa saat seluruh lampu yang menyala di TMP dipadamkan. Hanya tersisa api obor sebagai sumber cahaya.

    “Semoga arwah pahlawan, saudara-saudara kita yang gugur memperjuangkan kemerdekaan diterima Tuhan Yang Maha Esa dan mendapat tempat sewajarnya,” tutur Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto selaku Inspektur Upacara.

    Nyala api dari obor menjadi satu-satunya sumber pencahayaan saat prosesi Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Nasional Giri Tunggal Kota Semarang.

    Hadir pula Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan jajaran pejabat Pemprov Jateng lainnya dalam kegiatan tersebut.

    Ganjar mengatakan kegiatan tersebut diadakan secara sederhana tapi tetap tidak mengurangi substansinya, mulai dari penghormatan, dan penghargaan kepada pahlawan.

    Diharapkan dengan  dilaksanakannya peringatan HUT Kemerdekaan RI, generasi muda tidak melupakan perjuangan para pahlawan kemerdekaan Indonesia yang kini telah gugur.

    “Kalau hari ini ada pandemi, ingatlah dulu waktu bangsa ini berjuang, pahlawan-pahlawan harus merelakan segalanya untuk kemerdekaan. Bahkan, banyak yang gugur,” ujar Gubernur seusai upacara.

    Penghormatan bagi pahlawan, suasana hidmat Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Giri Tunggal Kota Semarang, Selasa (17/8/2021) dini hari. (istimewa/Dokumentasi Humas DPRD Jateng)

    Puncak peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia dengan detik-detik kemerdekaan dan pengibaran bendera Merah Putih di Istana Negara berjalan lancar.

    Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin beserta Wakil Ketua DPRD Sukirman, Pangdam IV Diponegoro Mayjen Rudiantara dan Kapolda Irjen Ahmad Lutfi mengikutinya secara virtual di Gradhika Bhakti Praja.

    Tepat pukul 10:00, ditandai dentuman meriam membuka jalannya upacara pengibaran bendera. Di hadapan layar lebar, pejabat teras Jateng itu mengikutinya secara seksama.

    Saat penghormatan bendera Merah Putih dan lagu kebangsaan Indonesia Raya pun, mereka mengambil sikap sempurna. Bahkan saat Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara meminta mengheningkan cipta, jajaran Forkopimda turut menundukkan kepala. (*)



    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini