konsentrat-pakan-ternak-produk-bumdes-kadilanggon-berkualitasProses produksi konsentrat pakan ternak oleh BUMDes Putro Manggolo Desa Kadilanggon Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. (masalgurusinga/koranbernas. id)


Masal Gurusinga
Konsentrat Pakan Ternak Produk Bumdes Kadilanggon Berkualitas

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN -- Desa Kadilanggon Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten memiliki potensi di sektor peternakan dan pertanian. Setidaknya terdapat 200-an warga di desa ini bermata pencaharian sebagai peternak dengan populasi ternak sekitar 320-an ekor.


Untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak miliknya, warga menanam rumput. Namun demikian pakan yang dibutuhkan tidak selamanya berwujud rumput, tapi juga konsentrat.


Kebutuhan akan konsentrat dipandang sebagai potensi oleh pengurus BUMDes Putro Manggolo Desa Kadilanggon. Didasari pertimbangan yang matang dan kerja sama dengan sejumlah pihak, muncul pemikiran memproduksi pakan ternak. Harapannya, agar konsentrat yang diproduksi bisa memenuhi kebutuhan ternak warga.

Direktur BUMDes Putro Manggolo, Imam Adi Prayogo SE, mengatakan BUMDes yang dipimpinnya baru empat bulan memproduksi konsentrat pakan ternak. Seperti program jangka pendeknya, tahun pertama fokus pengadaan konsentrat pakan peternak.


"Alhamdulillah, empat bulan berjalan permintaan konsentrat dari kami cukup tinggi. Seperti yang kita lihat pada saat peresmian BUMDes Putro Manggolo kemarin ada sekitar 200-an peternak berbondong-bondong datang ke sini menerima konsentrat pakan secara gratis," kata Imam Adi Prayogo, Selasa (25/10/2022) sore.

Konsentrat pakan ternak produk BUMDes Putro Manggolo bermerk Jawara. Konsentrat ini diproduksi langsung di sekretariat BUMDes Dukuh Mindi Desa Kadilanggon. Konsentrat dikemas ukuran karung 20 kilogram dan 40 kilogram.

Untuk memenuhi kebutuhan peternak, BUMDes Putro Manggolo setiap hari memproduksi konsentrat. Produksi dilakukan pukul 08:00 hingga 11:30 dan pukul 13:00 hingga 16:00.

"Saat ini kami produksi sesuai pesanan dulu karena programnya pemenuhan pakan peternak di tiga desa yaitu Kadilanggon, Kaligayam dan Melikan. Setiap hari produksi kami rata-rata antara setengah ton hingga 750 kilogram. Tapi kalau ada yang pesan satu ton kami layani," ujar pria lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu di sela-sela memproduksi konsentrat.

Karena usahanya memproduksi konsentrat pakan masih tergolong baru dan bertujuan untuk pengembangan ternak di desanya, maka konsentrat yang diproduksi juga harus benar-benar yang berkualitas dan fresh (segar). Termasuk penggunaan bahan baku dan campurannya juga benar-benar sesuai takaran.

Tidak hanya melayani permintaan konsentrat, BUMDes Putro Manggolo juga melayani pesanan bahan baku. Seperti gaplek, bungkil sawit, tetes tebu dan lain sebagainya.

Sejak beroperasi empat bulan lalu, BUMDes Putro Manggolo merekrut dua orang tenaga untuk produksi konsentrat. Mereka adalah Rois Marjoko dan Teguh Widodo, keduanya warga Ngemplak Wetan RT 1 RW 5 Desa Kadilanggon Kecamatan Wedi.

Keduanya mengaku senang bisa bergabung di BUMDes Putro Manggolo untuk memproduksi konsentrat pakan ternak warga.

"Tentu senang sekali. Bisa membantu orang tua dan peternak yang ada di sini. Bagaimana menyediakan pakan ternak murah dan berkualitas," kata Teguh.

Seperti diketahui, BUMDes Putro Manggolo Desa Kadilanggon Kecamatan Wedi diresmikan Minggu (23/10/2022).

Bersamaan dengan peresmian dilakukan pembagian konsentrat pakan ternak gratis kepada 200-an peternak dan juga penyerahan sertifikat hasil lab Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Madah (UGM) Yogyakarta kepada BUMDes Putro Manggolo. (*)


TAGS: konsentrat  Klaten 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini