kpu-diy-minta-bakal-calon-anggota-dpd-pastikan-suara-pendukungnya-validSosialisasi tata cara dan mekanisme pendaftaran calon anggota DPD pada pemilu 2024 yang diselenggarakan KPU DIY. (muhammad zukhronnee muslim/koranbernas.id)


Muhammad Zukhronnee Muslim
KPU DIY Minta Bakal Calon Anggota DPD Pastikan Suara Pendukungnya Valid

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY meminta bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pemilu 2024 agar memastikan suara pendukung mereka valid dan tidak terhitung ganda berdasarkan KTP, jenis pekerjaan maupun ganda identik lainnya.


"Jika hal ini sampai terjadi akan sangat merugikan mereka. Terkena penalti yaitu pengurangan 50 suara," papar Hamdan Kurniawan, Ketua KPU DIY, saat Sosialisasi Tata Cara dan Mekanisme Pendaftaran Bakal Calon DPD DIY, Kamis (30/11/2022), di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center.


"Oleh sebab itu kita meminta kepada calon DPD untuk betul-betul menskrining data jangan sampai ganda identik, yaitu data satu nama dipakai untuk dua dukungan karena merugikan yang bersangkutan," tambahnya.

Dengan metode krejcie dan morgan semua itu bisa diketahui. “Jadi proses penyerahan dukungan dari verifikasi ini akan menjadi tiket-tiket mendaftar nanti di depan," kata dia.


Pada 16 Desember 2022, KPU DIY sudah menerima penyerahan data. Hal ini akan tertera pada peraturan KPU yang disosialisasikan akhir November ini.

Menurut Hamdan, tidak ada perbedaan signifikan. Syaratnya sama. DIY masuk kategori wilayah dengan penduduk yang memiliki hak pilih antara 1-5 juta jiwa.

“Kita kan ada di antara 2,7 juta maka pendukung yang harus dikumpulkan minimal 2.000 dengan persebaran 50 persen kabupaten/kota atau minimal persebarannya di tiga kabupaten kota," paparnya.

Dia menegaskan, persyaratan ini tidak berubah. Selama regulasi tidak berubah, maka calon anggota DPD bisa mulai melakukan proses pencarian dukungan untuk syarat mendaftar sebagai calon.

"Saat ini KPU menggunakan sistem informasi dalam proses pendaftaran partai politik. Kemarin, pendaftaran badan ad hoc yang sekarang masih jalan. Untuk sistem informasi calon DPD, datanya juga diunggah oleh masing-masing calon," ujarnya.

KPU DIY menyediakan helpdesk KPU yang setiap saat bisa menerima konsultasi pertanyaan-pertanyaan, termasuk  bagi masyarakat yang ingin memperoleh informasi seputar penyelenggaraan pemilihan umum. (*)


TAGS: KPU  DIY 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini