Kamis, 27 Jan 2022,


ldii-menanam-pohon-filosofi-LDII melakukan kegiatan tanam pohon di Bumi Perkemahan Dewa Ruci, Sanden, Bantul. (istimewa)


Sariyati Wijaya
LDII Menanam Pohon Filosofi

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menggelar kegiatan launching penanaman pohon di kawasan pantai selatan.


Melalui rilis yang diterima dari panitia, Senin (29/11/2021), kegiatan ini dipusatkan di Bumi Perkemahan Dewa Ruci, Sanden, Bantul, Minggu (29/11/21), dan dilakukan secara simbolis olehKetua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso, M.Sc. Kegiatan mengambil tema “Pohon Sebagai Sumber Kehidupan dan Penghidupan”.


“Pohon yang ditanam ini dapat menghasilkan oksigen yang dibutuhkan semua makhluk hidup. Selain itu, dengan pohon juga dapat menghasilkan uang,” kata Atus Syahbudin Ph.D,  Ketua DPW LDII DIY.

Menanam pohon merupakan salah satu dari 8 program kerja LDII tentang pangan dan lingkungan hidup. DIY merupakan provinsi pertama yang dipilih oleh DPP LDII sebagai tempat penanaman pohon, yang selanjutnya akan diikuti provinsi lain seluruh Indonesia. Adapun bibit pohon yang ditanam di areal tersebut terdiri dari pohon buah dan pohon ecoprint (pohon warna).


Pohon buah antara lain mangga (Magnifera indica), sirsak (Annora muricata), durian (Durio), jambu air (Syzygium aquem) dan pohon kepel (Stelechocarpus burahol). Pohon kepel inilah yamg merupakan pohon dilosofi, karena di masa lalu buahnya digemari oleh putri keraton dengan berbagai khasiat di dalamnya.

Adapun pohon ecoprint  yang ditanam adalah Lanang (Oroxylum indicum), Kalpataru (Ficus religiosa), Red Panama (Hibiscus acetosella), Kenikir (Cosmos sulphureus), Jarak Kepyar Merah (Ricinus communis L.), Truja (Peristrophe bivalvis), Ketepeng Kebo (Cassia alata) dan Handeuleum/daun ungu/daun ambeien (Graptophyllum pictum).

Hadir dalam kegiatan  tersebut Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY H Djarot Margiantoro M.Sc, Ketua Umum MUI DIY Drs KH. Abdurrahman, Badan Kesbangpol DIY, BPDASHL Serayu Opak Progo, Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Waka Binawasa) Suraji Widarta S.Pd, Wakil Ketua Pimpinan Saka Wanabakti DIY Jaka Suryanta MA, Majelis Pembimbing Saka Bahari Bantul Sarjito LMT, para Ketua DPD LDII Kabupaten/Kota, dan Pimpinan Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada usantara (SPN).

Sementara Djarot Margiantoro mengapresiasi kegiatan ini. “Mari kita terus bergerak, karena gerakan amal shalih menjadi sebab datangnya barakah dari langit dan bumi”, ungkapnya. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini