Kamis, 05 Agu 2021,


libur-waisak-ribuan-wisatawan-memadati-kawasan-pantaiWisatawan berjubel di Pantai Kukup Gunungkidul. (sutaryono/koranbernas.id)


Sutaryono
Libur Waisak, Ribuan Wisatawan Memadati Kawasan Pantai

SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL – Libur peringatan hari raya Waisak berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan ke Gunungkidul. Ribuan wisatawan dari berbagai daerah memadati berbagai kawasan wisata pantai.


Berdasarkan pemantauan koranbernas.id, Rabu (26/5/2021), di Pos Retribusi Utama Baron, antrean kendaraan roda empat tampak memanjang sekitar pukul 10.30 WIB. Tak hanya kendaraan pribadi, sejumlah bus pariwisata pun juga terlihat berdatangan.


Meski demikian, menurut Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Paryadi, kendaraan yang masuk pada libur Waisak kali ini terbilang normal. "Tetap lebih ramai saat libur Lebaran kemarin. Kalau hari ini terpantau masih biasa," katanya.

Menurut Paryadi, sejak sekitar pukul 09.30 WIB kendaraan wisatawan mulai berdatangan. Sebagian di antaranya merupakan kendaraan asal luar DIY seperti Klaten dan sekitarnya. Hal ini melihat dari plat nomor kendaraan.


Banyaknya wisatawan asal luar DIY pada libur Waisak ini terjadi karena saat Lebaran ada aksi penyekatan di perbatasan. Sehingga jumlah wisatawan luar DIY saat itu terbilang minim.

"Kalau saat Lebaran kebanyakan warga lokal DIY. Bbaru sekarang ini ada wisatawan dari luar," tambah Paryadi.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono, menyebut jumlah wisatawan berpotensi naik pada libur Waisak ini. Ia pun telah memperkirakan angka kunjungan wisatanya. "Kemungkinan di atas 20 ribu orang," katanya.

Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata Gunungkidul, setelah libur Lebaran ini sebanyak 100.516 orang berwisata di berbagai lokasi di Gunungkidul. Jumlah tersebut terakumulasi sejak tanggal 17 hingga 23 Mei lalu.

Angka ini terbilang lebih banyak dibanding masa libur Lebaran di tanggal 13-16 Mei. Saat itu, jumlah pengunjung mencapai 97.245 orang. "Kawasan pantai selatan masih mendominasi tujuan wisata pasca libur Lebaran itu," pungkas Hary Sukmono. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini